Jokowi Resmikan Pabrik Baterai Mobil Listrik Terbesar Se-Asia Tenggara di Karawang

KARAWANG, virprom.com – Presiden Joko Widodo pada Rabu (7/3/2024) meresmikan PT Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power Battery dan Electric Vehicle and Ecosystem di Karawang, Jawa Barat.

Menurut Presiden, peresmian tersebut menandai komitmen Indonesia untuk memasuki persaingan global produksi baterai dan kendaraan listrik.

Dengan mengucap Bismillah Hamanrahim, pagi ini saya meresmikan Pabrik Baterai dan Kendaraan Listrik Korea Selatan serta ekosistemnya di Indonesia, kata Jokowi saat meresmikan.

Baca juga: Cari Tahu Alasan Aki Mobil Listrik Bisa Terbakar

Presiden menjelaskan, dengan diresmikannya Rabu ini, Indonesia telah memulai babak baru dengan menetapkan tonggak sejarah komitmen kita untuk menjadi pemain global di ekosistem sel baterai dan kendaraan listrik (EV).

Menurut Presiden, Indonesia memiliki sumber daya alam (SDA) yang melimpah.

Namun hasil sumber daya alam selalu diekspor dalam bentuk bahan mentah.

Oleh karena itu, tidak memberikan nilai tambah bagi negara. Faktanya, jika mereka terus mengekspor bahan mentah, maka akan semakin banyak bahan mentah yang habis.

Namun kini dengan berdirinya foundry, berdirinya pabrik baterai kendaraan listrik, kita akan menjadi pemain global yang penting dalam rantai pasok kendaraan listrik global, tegas Jokowi.

“Kita memang harus bisa menjadi pemain global dalam rantai pasok otomotif,” lanjutnya.

Baca juga: Simak Cara Mengetahui Baterai Mobil Listrik dan Hybrid Anda Lemah

Kepala Negara menambahkan, pabrik baterai dan kendaraan listrik Korea Selatan di Indonesia, PT Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power, yang dibuka pada Rabu, merupakan pabrik baterai EV pertama dan terbesar di Asia Tenggara.

Presiden Jokowi juga yakin, setelah dibukanya pabrik ini, Indonesia akan mampu bersaing dengan negara lain di dunia.

Sejumlah menteri dan pejabat terkait hadir dalam acara pengambilan sumpah tersebut, antara lain Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Koordinator Marves Luhut Binsar Pandjaitan, dan Kepala Kantor Kepresidenan (KSP) Moldoko. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top