Jangan Langsung Nyalakan AC Mobil di Pagi Hari, Ini Efeknya

Jakarta, virprom.com – Menyalakan AC di pagi hari merupakan kebiasaan yang tidak diketahui banyak pengemudi. Namun, ternyata ada alasan teknis yang kuat mengapa hal ini begitu bagus.

Pada pagi hari suhu ruangan masih rendah, dan mesin mobil baru hidup setelah tidak digunakan semalaman. Artinya, banyak komponen kendaraan, termasuk AC, memerlukan waktu untuk mencapai suhu pengoperasian optimal.

Menyalakan AC segera setelah mesin dihidupkan dapat menyebabkan beban tambahan pada mesin, sehingga belum mencapai suhu pengoperasian ideal.

Hal ini dapat menyebabkan peningkatan konsumsi bahan bakar dan kemungkinan kerusakan pada komponen AC.

Baca juga: BYD mengimbau pengguna MPV elektrik M6 tidak berlebihan

Gunawan, pengelola Bengkel Premium 99 AC, menekankan pentingnya memberi waktu beberapa menit pada mesin dan komponen lainnya sebelum menyalakan AC.

Gunawan kepada virprom.com, Selasa (31/7/2024) “AC mobil sebaiknya tidak langsung dinyalakan setelah mobil distarter, (seharusnya) hanya pada pagi hari.”

Gunawan menjelaskan, pada pagi hari suhu kabin masih rendah dan RPM (putaran per menit) mesin sering tinggi.

“Pagi hari suhu kabin masih dingin, rpm naik sehingga saat AC dibuka mengeluarkan suara mendengung yang akan mempengaruhi pengoperasian AC kedepannya,” ujarnya. .

Tunggu beberapa menit sebelum menyalakan AC, hal ini akan membuat mesin bekerja lebih efisien dan memperpanjang umur komponen AC.

Selain itu, hal ini membantu mengurangi beban start pada mesin, kendaraan dapat berjalan lancar dan menghemat bahan bakar.

Baca Juga: PO Rosalia Indah luncurkan 10 bus baru dan kembangkan rute baru.

Meski terdengar sederhana, menunda menyalakan AC di pagi hari merupakan langkah kecil yang bisa membawa manfaat jangka panjang bagi kendaraan. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top