Penyebab Lain Mobil Tak Kuat Menanjak Setelah Berhenti

Solo, virprom.com – Berhenti di tanjakan membuat pengendara resah. Pasalnya momen ini menantang kemampuan kendaraan dan keterampilan mengemudi.

Jika tidak bisa memanjat dan mundur, dapat mengakibatkan kecelakaan atau membahayakan pengemudi dan kendaraan di belakangnya.

Keterampilan pengemudi dan kendaraan bukan satu-satunya penyebab mobil tidak bisa menanjak saat berhenti di tanjakan. Namun, bisa juga karena kelebihan berat badan.

Baca Juga: Cek Harga Yamaha Nmax Bekas, Mulai Rp 16 Jutaan

Pendiri dan direktur pelatihan Jakarta Defensive Driving and Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, muatan mobil yang memuat penumpang dan barang bisa menjadi faktor penyebab beratnya pendakian awal.

Beda kalau mobil yang naik mulus dari bawah pasti lewat. Kalau berhenti di tikungan, butuh momentum untuk mendaki. Makanya penumpang disuruh turun dulu biar stabil, kata Jusri baru-baru ini kepada virprom.com .

Menurut Jusri, saat berhenti di tanjakan, mobil berpenggerak roda depan (FWD) dan berpenggerak roda belakang (RWD) pun tidak berbeda, keduanya membutuhkan tenaga besar untuk mendaki tanjakan.

Baca Juga: Awas Curang Ini Cara Paling Mudah Membedakan Oli Mesin MPX Asli dan Palsu

Selain itu, waktu tempuh pengemudi juga mempengaruhi boleh atau tidaknya mobil tersebut dinaiki. Hal ini dapat membuat pengemudi gelisah, terutama jika Anda sedang berada dalam kondisi lalu lintas padat.

“Pengemudi yang gugup tidak dapat menggunakan keahliannya. Misalnya berhenti di tengah tanjakan dan jika dalam keadaan tenang akan lebih mudah mengendalikan gas, rem, dan kopling. “Tapi kalau takut, semuanya terasa sulit,” kata Jusri.

Oleh karena itu, selain bergantung pada kemampuan kendaraan dan pengemudinya, faktor muatan mobil juga perlu diperhatikan, apalagi jika awalnya berhenti di tanjakan. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top