JPPI Terima Laporan, Banyak Anak Putus Sekolah Imbas Tak Lolos PPDB

JAKARTA, virprom.com – Jaringan Pemantau Pendidikan Indonesia (JPPI) mengklaim anak-anak putus sekolah tidak membayar biaya Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) dan biaya yang mahal.

Koordinator Nasional JPPI Uved Matraji mengatakan, saat ini banyak orang tua yang berpendapat anaknya tidak berkualitas dan tidak bisa mendapat tempat di sekolah negeri.

Mereka terpaksa menyekolahkan anaknya ke sekolah swasta berbiaya tinggi karena tidak lolos seleksi PPDB

“Ada laporan dari masyarakat bahwa mereka putus sekolah karena PPDB gagal,” kata Ubaid dalam pertemuan di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (7/7/2024).

Baca Juga: PPDB Protes, Orang Tua Puluhan Siswa Kunjungi Dinas Pendidikan Manokwari

Di sekolah swasta, orang tua membayar biaya sekolah, seragam, biaya pendaftaran, biaya buku, biaya ekstrakurikuler, dll.

Bahkan, ada anak yang tetap bersekolah di sekolah swasta meski tidak mampu membiayainya

Setelah mereka lulus, ijazah mereka disita pihak sekolah karena terlilit hutang.

Padahal, Pasal 34 UU Sisdiknas, Pasal 31 UUD 1945 dengan jelas menyatakan bahwa semua anak Indonesia mempunyai hak yang sama atas pendidikan, kata Ubed.

Oleh karena itu, pihaknya mengkampanyekan sekolah gratis karena semua anak berhak mendapatkan pendidikan.

Oleh karena itu tujuan kami yang pertama adalah mengajak peran serta masyarakat agar mereka sadar akan hak-haknya sehingga tidak ingin PPDB menyelenggarakan lomba lagi karena mempunyai hak yang sama, kata Uved.

Baca juga: PPDB Selesai, Banyak SMP di Bengkulu Kekurangan Siswa

Persoalan PPDB menarik perhatian Ombudsman RI. Badan tersebut menemukan permasalahan dalam pelaksanaan PPDB di 10 provinsi

Indraja Marzuki Rice, anggota Ombudsman RI, mengatakan permasalahan di PPDB adalah manipulasi dokumen, kesalahan prosedur, dan diskriminasi terhadap siswa.

Karena kalau ditanya, apakah tidak ada penyidikan dari seluruh provinsi? Jawabannya iya,” kata Indraja dalam konferensi pers di kantor Ombudsman RI di Jakarta, Jumat (5/7/2024). Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda Untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com, pilih saluran berita favorit Anda: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top