Ganti Ban Kecil Jadi Besar Bisa Menyulitkan saat Putar Balik

JAKARTA, virprom.com – Mengganti ukuran ban mobil merupakan salah satu modifikasi yang paling sering dilakukan para pecinta mobil agar kendaraannya semakin kekar dan sporty.

Namun, di balik estetika yang menarik, ada beberapa konsekuensi yang harus diperhatikan, terutama dari segi performa dan keselamatan berkendara.

Ifo, Manajer Warna Warni Ban di Jakarta Selatan, mengatakan mengganti ban yang lebih besar akan menambah jarak pengereman mobil.

Baca Juga: Review Desain Eksterior Hyundai Palisade Facelift, Chic dan Elegan

Seharusnya berhenti di 100 meter, tapi berhenti di 200 meter, kata Efo kepada virprom.com, Selasa (11/6/2024).

Penggunaan ban yang lebih besar mengurangi efektivitas pengereman, terutama dalam keadaan darurat.

Semakin besar ukuran ban, maka semakin besar bobotnya dan semakin besar pula luas permukaannya. Hal ini mengakibatkan peningkatan drag saat mobil melaju sehingga menyebabkan mesin bekerja lebih keras dan sistem pengereman menanggung beban lebih berat.

Tanpa penyesuaian yang tepat pada sistem pengereman, mobil dengan ban yang lebih besar akan membutuhkan jarak berhenti yang lebih jauh.

Selain itu, mengganti ban dengan ukuran lebih besar akan menyulitkan pengemudi saat berbelok.

“Kalau bannya besar, pengendara akan kesulitan memutar atau memutar balik,” ujarnya.

Baca Juga: Mengapa Ban Mobil Harus Diganti Setiap 10.000 KM?

Efo juga menekankan pentingnya penyesuaian sistem pengereman saat mengganti ban dengan ukuran lebih besar.

“Jadi kalau mau ban lebih besar harus sesuaikan ukuran remnya juga,” ujarnya.

Rem yang tidak disesuaikan dengan ukuran ban yang lebih besar dapat mengurangi traksi dan efisiensi pengereman, sehingga meningkatkan kemungkinan terjadinya kecelakaan.

Meskipun mengubah ukuran ban dapat meningkatkan tampilan kendaraan Anda, penting untuk diingat bahwa modifikasi tersebut juga dapat mempengaruhi aspek keselamatan dan performa mobil Anda. Dengarkan berita terkini dan pilihan utama kami di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengunjungi saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top