Mengenal Jenis Refrigerant AC Mobil

Jakarta, virprom.com – Teknologi kendaraan AC relatif sama selama puluhan tahun. Komponen pendingin pada kabin ini menggunakan bahan pendingin atau Freon untuk menurunkan suhu di dalam kabin.

Fungsi Freon AC adalah menyerap panas dari sel melalui evaporator. Udara dingin kemudian dihembuskan melalui kompresor.

Baca juga: Dibanderol Rp 239 Juta, Inilah Bir Chery Tigo yang Bakal Menarik Konsumen 5 Kali Lipat

Andrew Fracuso, pemilik Bengkel Mobil Fortune AC, mengatakan kini telah hadir freon tipe baru yang lebih ramah lingkungan: 1234 YF.

“Kalau tadi kita bicara sejarah Freon itu R12, dan kalau dibuang di tempat terbuka, bumi butuh waktu ratusan tahun untuk runtuh. Tentu saya lupa (berapa tahun),” ujarnya. . dikatakan. kepada virprom.com, Kamis (13 Juni 2024).

“Kami kemudian mengetahui bahwa R134 masih membutuhkan waktu puluhan tahun untuk terurai di udara, sedangkan 1234 YF (klaim) hanya membutuhkan waktu dua minggu untuk terurai,” kata Andrew.

Untuk menjelaskannya, Freon R12 atau chlorofluorocarbons (CFC) merupakan refrigeran yang umum digunakan pada sistem AC di masa lalu. Penggunaannya telah dihentikan karena dampak negatifnya terhadap lingkungan.

Baca juga: Jika Suspensi Depan Sepeda Anda Mengeluarkan Suara Aneh, Periksa Bagian Ini.

Freon R134a saat ini merupakan Freon yang paling umum digunakan pada sistem AC mobil. Freon jenis ini disebut Freon Hidrofluorokarbon dan tidak mengandung klorin sehingga relatif aman bagi lapisan ozon.

Baca juga: United Airlines Promosikan Sepeda Listrik di Pekan Raya Jakarta 2024

Andrew mengatakan, meski saat ini ada beberapa mobil yang menggunakan Freon 1234 YF, namun masih sebatas mobil mewah.

“Mahal sekali, harganya Rp 3 juta hingga Rp 4 juta setiap kalinya. Jadi sepertinya masih agak sulit untuk berpindah-pindah di Indonesia karena harganya masih mahal,” ujarnya.

“Tapi saya yakin dan ke depan kita harus ke sana, karena ini hukum dunia,” ujarnya. Dengarkan berita terkini dan cerita yang dipilih dengan cermat langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda dan kunjungi saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top