Apa yang Terjadi jika Ibu Hamil Makan Nanas Muda? Ini Penjelasannya

virprom.com – Sebagian orang mungkin masih menganggap nanas tabu bagi ibu hamil karena diketahui dapat menyebabkan keguguran.

Padahal, nanas dianjurkan dikonsumsi dalam jumlah cukup selama hamil dan saat matang. Lalu apa jadinya jika ibu hamil makan nanas muda?

Baca selengkapnya: 8 Manfaat Nanas, Termasuk Menjaga Kesehatan Jantung

Makan nanas muda saat hamil dapat menyebabkan sakit perut karena keasamannya yang tinggi dan dapat memperburuk keasaman lambung pada ibu hamil.

Untuk informasi lebih lanjut, lihat Kemungkinan efek samping bagi ibu hamil dari konsumsi nanas muda. Apa jadinya jika ibu hamil makan nanas muda?

Ibu hamil perlu mengubah kebiasaan makannya agar tetap sehat dan janinnya.

Selain itu, pada tahap awal kehamilan, sebagian besar ibu hamil mengalami mual di pagi hari, termasuk mual, muntah, dan kehilangan nafsu makan.

Berbicara mengenai amankah nanas untuk ibu hamil, buah berwarna kuning ini seringkali dianggap tidak aman dikonsumsi karena diyakini dapat menyebabkan kontraksi hingga berujung pada keguguran.

Klaim ini muncul karena nanas mengandung enzim bromelain. Padahal, kandungan bromelain sangat sedikit dan terdapat pada batang nanas yang jarang dikonsumsi.

Oleh karena itu, ibu hamil bisa mengonsumsi nanas dan benar-benar mendapatkan manfaat dari kandungan nutrisi buah tersebut.

Menurut Verywell Health, beberapa nutrisi yang terdapat pada nanas antara lain: Vitamin B1 untuk menjaga kesehatan jantung dan sistem saraf Vitamin B6 untuk meredakan mual di pagi hari dan anemia Vitamin C untuk meningkatkan kesehatan sistem kekebalan tubuh.

Baca selengkapnya: Bolehkah ibu hamil makan nanas?

Nanas aman untuk ibu hamil, namun sebaiknya pilih buah yang sangat matang.

Pasalnya, terdapat beberapa risiko efek samping jika ibu hamil mengonsumsi nanas muda yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan reaksi alergi.

Nanas muda memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Hal ini menyebabkan sakit perut dan naiknya asam lambung yang ditandai dengan rasa panas di dada, mual, batuk, dan rasa pahit di mulut.

Mengonsumsi nanas muda dapat menimbulkan reaksi alergi seperti kulit gatal, ruam, dan rasa tidak nyaman pada lidah.

Oleh karena itu, jika ibu hamil memang ingin atau ingin mengonsumsi nanas muda, konsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

Biasanya, ibu hamil hanya membutuhkan beberapa potong nanas sesekali untuk mengalihkan perhatiannya.

Selain itu, penuhi kebutuhan nutrisi Anda dengan mengonsumsi makanan utuh yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin, dan mineral untuk menunjang kesehatan kehamilan.

Baca selengkapnya: Bolehkah Ibu Hamil Makan Daging Kambing? Inilah yang dikatakan dokter. Lihat berita dan produk yang direkomendasikan langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top