Pengertian Lembaga Sosial Desa dan Jenisnya

virprom.com – Hari Organisasi Sosial Pedesaan (LSD) diperingati setiap tahun pada tanggal 5 Mei. Lalu apa yang dimaksud dengan lembaga sosial tingkat desa? Mengenal Organisasi Sosial Lokal (LSD)

Badan Sosial Pedesaan (LSD) adalah organisasi kemasyarakatan yang didirikan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat pedesaan.

Organisasi ini tumbuh dan berkembang dengan bimbingan masyarakat dan pemerintah.​

Menurut Kominfo, LSD tersebut meliputi Koperasi Unit Desa (KUD), Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Badan Rehabilitasi Masyarakat Perdesaan, dan Karang Taruna.

LSD merupakan salah satu media yang membawa banyak manfaat bagi masyarakat pedesaan. Maka ditetapkanlah Hari Lembaga Sosial Desa.​

Penentuan hari jadi diatur dalam peraturan pemerintah daerah yaitu Pasal 18 dan 18B UUD 1945.

Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis Lembaga Sosial Lembaga Sosial Perdesaan (LSD)

Menurut Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, terdapat enam lembaga desa yang terdiri dari pemerintah desa atau perwakilan desa dan kolektif desa, badan desa (BPD) dan lembaga kemasyarakatan desa. Lembaga koperasi tradisional antar desa, badan usaha milik desa atau BUMDe

Sedangkan mengacu pada situs resmi Pusat Informatika dan Pembangunan Desa (Puspindes), jenis lembaga sosial desa, koperasi tingkat desa (KUD), pengembangan kesejahteraan keluarga (PKK) dan lembaga ketahanan masyarakat desa Karangtaruna adalah sebagai berikut.

Seiring waktu, LSD menghadapi tantangan modern. Oleh karena itu, kelembagaan di pedesaan harus melakukan inovasi untuk mengikuti perkembangan teknologi saat ini.

Merujuk pada website UNAIR, penetapan Hari Organisasi Desa tidak sebatas memperingati hari raya saja, namun juga dimaknai sebagai bentuk insentif untuk meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat desa. Dengarkan berita terhangat dan unggulan langsung di ponsel Anda. Untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com, pilih saluran berita favorit Anda: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top