Tanggal 23 Mei 2024 Memperingati Hari Apa?

virprom.com – Tanggal 23 Mei 2024 adalah hari Kamis. Tanggal ini diperingati pada hari Waisak tahun 2568 Masehi.

Selain itu, peringatan dan perayaan lainnya juga diadakan pada hari ini. Berikut beberapa kenangan yang jatuh pada tanggal 23 Mei 2024. Waisak adalah hari yang suci

Tanggal 23 Mei 2024 merupakan Hari Waisak memperingati 2568 BE. Hari ini juga dikenal sebagai Hari Buddha.

Peringatan ini juga merupakan hari libur nasional. Ada pula long weekend karena tanggal 24 Mei 2024 ditetapkan sebagai hari libur nasional. 

Hari Waisak adalah salah satu peringatan keagamaan terpenting dalam agama Buddha.

Dikutip dari situs resmi Kementerian Agama RI, Hari Raya Waisak dimaknai untuk memperingati tiga peristiwa penting dalam ajaran agama Buddha.

Ketiganya adalah lahirnya Siddhartha Gautama, pencerahan Resi Siddhartha, dan parinivana Buddha Gautama. 

Hari Raya Waisak biasanya dirayakan dengan berbagai kegiatan positif, seperti doa, ibadah khusus dan amal shaleh, seperti membagikan makanan atau sedekah kepada para biksu (biksu), serta pelepasan burung hasil penangkaran.

Baca juga: 8 Puja Budha di Hari Penyu Sedunia Jakarta Utara

Hari Penyu Sedunia diperingati pada tanggal 23 Mei setiap tahunnya.

Hari ini dimulai pada tahun 2002 oleh American Turtle Rescue. Mereka menyoroti menurunnya populasi hewan tersebut akibat campur tangan manusia dan ancaman lingkungan.

Perayaan pada hari ini mencakup berbagai kegiatan untuk menyelamatkan penyu dan makhluk sejenisnya serta mempelajari lebih lanjut tentang siklus hidup makhluk tersebut.

Pada dasarnya penyu dan kura-kura hidup hingga 40 tahun dan memiliki cangkang yang tipis dan sebagian besar rata. Namun ada juga yang bisa hidup hingga 300 tahun dan memiliki cangkang yang lebih besar dan berbentuk kubah.

Kura-kura dan kura-kura adalah dua hewan yang berbeda, namun hari ini didedikasikan untuk merayakan dan melindungi keduanya.

American Turtle Rescue telah memberikan rumah bagi lebih dari 4.000 penyu dan kura-kura. Organisasi ini membantu penegak hukum setempat melindungi habitat alami penyu dan merawat penyu ketika mereka sakit. Dengarkan berita terkini dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top