Penjualan Mobil Bekas Semester I-2024 Diklaim Naik 30 Persen

JAKARTA, Kompass.com – Di tengah penurunan dan stagnasi penjualan mobil baru, pasar mobil bekas diperkirakan akan lebih bergairah pada semester I 2024.

Jani Kandra, CEO PT Autopedia Success Lestery (platform mobil bekas Carolina), mengatakan pihaknya mencatatkan peningkatan bisnis mobil bekas pada semester pertama tahun ini.

“Kita punya bisnis grosir dan eceran, bisnis lelang mobil tumbuh 25 persen, bisnis grosir. Penjualan juga tumbuh signifikan, 30 persen,” kata Jani kepada Kompas di Tangerang (27/7). . /2024).

Baca Juga: Recaro Seat Nyatakan Pailit

Menurut dia, peningkatan penjualan mobil bekas didasarkan pada peningkatan angka pembiayaan kendaraan pada semester I-2024.

“Malah penjualan mobil baru turun, artinya (konsumen) berbondong-bondong ke mobil bekas. Karena kalau masyarakat beli mobil bekas, banyak yang beli untuk kegunaan, bukan untuk gaya,” kata Jani.

“Kalau tidak bisa beli mobil baru, belilah mobil bekas,” ujarnya.

Baca Juga: Cara Sopir Bus Dibatasi Pembelian Solar Subsidi

Sebelumnya, Lembaga Penelitian Ekonomi dan Sosial Universitas Indonesia (LPEM FEB UI), Fakultas Ekonomi dan Bisnis melaporkan penjualan mobil bekas meningkat lebih banyak dibandingkan mobil baru.

Berdasarkan studi tersebut, penjualan mobil bekas akan meningkat hampir tiga kali lipat menjadi 1,4 juta unit pada tahun 2023, dibandingkan dengan 500.000 unit pada tahun 2013.

Menurut pengamat otomotif dan peneliti LPEM FEB UI Rianto, pasar mobil bekas yang teridentifikasi (simetris) menjadi penyebab peningkatan penjualan.

“Dulu ibarat beli mobil bekas ada kucing di dalam tas, sekarang kantong plastiknya kelihatan dari luar, cacat macam-macam. Sekarang kasih tahu,” kata Rianto di Jakarta, awal Juli lalu. Dapatkan pilihan berita dan pembaruan di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top