Telat Ganti Coolant Radiator Mobil, Ini Dampak Kerugiannya

KLATEN, virprom.com – Mobil membutuhkan sistem pendingin yang baik agar mesin tetap dalam kondisi prima. Oleh karena itu diperlukan perawatan yang rutin dengan penggantian cairan pendingin secara berkala.

Antibeku adalah cairan pendingin mesin yang diformulasikan khusus yang konsentrasinya dapat menurun selama penggunaan. Oleh karena itu perannya belum maksimal dan harus diganti.

Pemilik Aha Motor Yogyakarta, Hardi Wibowo mengatakan, jika cairan pendingin mobil tidak pernah diganti, efeknya seperti menggunakan air biasa sebagai pendingin.

Baca Juga: Beli Mobil Bekas dengan Radiator Tanpa Pendingin, Perhatikan Ini!

“Air radiator bisa berubah karakter menjadi coklat karena kontaminasi korosif, dan juga berubah seiring dengan konsentrasinya, jadi sebaiknya jangan dibiarkan jika sudah waktunya diganti,” kata Hardi kepada virprom.com, baru-baru ini. .

Menurut Hardi, kemampuan anti karat, pembersih, anti beku, dan anti rebus pada cairan pendingin semakin berkurang saat digunakan sehingga harus diganti secara berkala.

Menurut Hardi, keterlambatan penggantian cairan pendingin berdampak pada ketahanan suku cadang mobil dalam jangka panjang. Efeknya akan terasa nantinya atau tidak langsung.

Baca Juga: Mitos atau Fakta: Apakah Penggunaan Coolant Membuat Mobil Terlalu Panas?

“Efeknya akan terasa ketika radiator mulai tersumbat karena kotoran, suhu mesin mudah naik karena adanya tekanan, hal ini bisa terjadi karena perpindahan panas pada sistem pendingin terganggu oleh kotoran tersebut,” kata Hardi.

Selain itu, beberapa bagian yang terbuat dari besi juga bisa aus, seperti pompa air.

Meskipun air pendingin yang tidak dipompa dengan benar tidak mengalir secara efisien, mesin cepat panas.

Menurut Hardi, banyak dampak negatif jika terlambat meninggalkan cairan pendingin, karena cairan pendingin mesin tidak memiliki formula khusus seperti pada mobil baru pada umumnya.

“Jika mesin mengalami overheat dan terus diberi tekanan, maka dapat mengakibatkan kerusakan pada mesin, sehingga penggantian cairan pendingin secara berkala adalah tindakan terbaik untuk menjaga performa,” kata Hardi. Dengarkan berita terkini dan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top