Masih Pegang Rekor Manusia Tercepat, di Mana Usain Bolt Sekarang?

KINGSTON, virprom.com – Di tengah perbincangan soal final sprint 100m Olimpiade Paris 2024, nama Usain Bolt tak lepas dari sorotan karena masih menyandang predikat “manusia tercepat di dunia”.

Sprinter asal Jamaika ini memegang rekor dunia lari cepat 100m hanya dalam waktu 9,58 detik yang dibuat pada tahun 2009. Sementara itu, di Olimpiade, Bolt juga mencetak rekor lari cepat 9,63 detik di nomor yang sama.

Kini setelah pensiun usai Olimpiade Musim Panas 2016, nama Usain Bolt tidak akan pernah hilang dari ingatan, karena selama lebih dari sepuluh tahun belum ada yang memecahkan rekornya.

Baca juga: Negara Seukuran Jakarta, St Lucia Kalahkan Juara Dunia untuk Raih Emas Olimpiade

Sang legenda telah mendominasi lari di tiga Olimpiade berturut-turut. Ia meraih medali emas pada tahun 2008 dengan jarak jauh dari posisi kedua dan empat tahun kemudian mencetak rekor 9,63 detik.

Bahkan ketika ia akan pensiun pada tahun 2016, tidak ada yang lebih cepat dari Usain Bolt di nomor 100m atau 200m.

Bolt kemudian menulis buku 9:58: Menjadi Manusia Tercepat di Dunia, mengacu pada rekor dunianya dalam lari cepat 100m. Kecepatannya saat itu adalah 27,8 mil per jam (44,73 km/jam). Dimana Usain Bolt sekarang?

Dikutip dari Sporting News, Bolt akan berusia 38 tahun pada akhir Agustus 2024 dan sudah lama tidak berkompetisi di ajang sprint.

Dia mengundurkan diri dari Olimpiade setelah Rio 2016, tetapi masih berkompetisi di estafet 4x100m di Kejuaraan Atletik Dunia 2017.

Momen tersebut menandai berakhirnya karier Bolt di bidang atletik, namun tidak di dunia olahraga.

Sebagai penggemar berat sepak bola, Bolt mencoba bermain sepak bola dengan klub Norwegia Stromsgodset dan tim Australia Central Coast Mariners. Dia bermain di pertandingan persahabatan antara kedua tim.

Bolt kemudian menandatangani kontrak profesional dengan Mariners, tetapi hanya menghabiskan dua bulan di sana sebelum memutuskan berhenti.

Pria bertinggi badan 195cm ini juga memiliki beberapa bisnis setelah pensiun, pernah menjadi produser musik dan memulai perusahaan skuter listrik pada 2018-2022.

Baca Juga: 0,005 Detik Untuk Medali Emas Olimpiade Paris 2024

Sedangkan dalam kisah cintanya, Bolt sudah menikah. Dia dan pasangannya Cassie Bennett dikaruniai seorang putri pada tahun 2020 dan anak kembar pada tahun 2021.

Dia tinggal di Jamaika dan mendirikan Usain Bolt Foundation untuk membantu anak-anak kurang mampu di negaranya.

Selain itu, dia sekarang menjalani kehidupan yang lebih santai dibandingkan saat dia menjadi salah satu atlet paling terkenal di dunia.

Pada masa jayanya, ia selalu meraih medali emas di Olimpiade. Totalnya ada delapan.

Di lapangan, Usain Bolt meraih 9 medali emas, namun tim estafet 4x100m Jamaika dicabut medali emas Olimpiadenya pada 2008 setelah Nesta Carter dituduh melakukan doping.

Medali emas kemudian dianugerahkan kepada Trinidad dan Tobago, hampir sembilan tahun setelah ajang Beijing. Tiongkok, hal itu terjadi.

Baca Juga: Carlos Edriel Yulo, Pahlawan Filipina Raih 2 Medali Emas di Olimpiade Paris 2024 Dengarkan berita terbaru kami dan pilih langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top