Olimpiade Paris 2024: Kalah Kontroversial dari Maroko, Argentina Protes ke FIFA

virprom.com – Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) memprotes Komite Disiplin FIFA usai insiden melawan Maroko di Olimpiade Paris 2024. 

Argentina U23 kalah 1-2 melawan Maroko pada laga Grup B Olimpiade Paris 2024 di Stade Geoffroy-Guichard, Saint-Etienne, Prancis, Rabu (24/7/2024). 

Tim Tango tertinggal 0-2 akibat kebobolan sepasang gol Rahimi Soufiane (45+2′, 51′-penalti). 

Guiliano Simone kemudian memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 (68′) dan Argentina berhasil menyamakan kedudukan berkat Cristian Medina pada menit ke-90+16. 

Baca juga: Javier Mascherano Meradang Usai Kekalahan Argentina: Bagaikan Sirkus!

Pemain Argentina merayakan gol tersebut. Namun momen tersebut berujung pelemparan gelas, botol, dan petasan hingga sebagian suporter Maroko masuk ke dalam lapangan. 

Pertandingan sempat tertunda selama dua jam sebelum akhirnya diputuskan pertandingan akan berakhir secara tertutup. 

Saat pertandingan hendak dimulai kembali, wasit menganulir gol Medina karena rekannya, Bruno Amione, dalam posisi offside saat gol tersebut terjadi. 

AFA telah memprotes FIFA yang menuntut “tindakan regulasi yang diperlukan dalam menanggapi insiden serius ini.” 

Baca juga: Reaksi Messi Usai Kekalahan Kontroversial Argentina di Laga Pembuka Olimpiade

“Sangat penting untuk menjamin keselamatan para atlet untuk mengembangkan olahraga indah yaitu sepak bola dan rumah sepak bola, Argentina. Kami akan melakukan apa yang diperlukan untuk sukses,” demikian pernyataan AFA yang dikutip ESPN. . 

Presiden AFA, Claudio Tapia, juga menuntut agar mereka yang bertanggung jawab dihukum. 

“Sangat disayangkan apa yang kita alami saat ini sebagai warga negara Argentina di Saint-Etienne,” kata Tapia.

“Menunggu hampir dua jam di ruang ganti, hanya sampai para pemain keluar lagi untuk melakukan pemanasan dan melanjutkan pertandingan, yang seharusnya dihentikan oleh wasit setelah serbuan penonton Maroko ke lapangan dan kekerasan yang dialami oleh para pemain. Delegasi Argentina,” ujarnya.

“Itu benar-benar tidak masuk akal dan melanggar aturan kompetisi,” ujarnya. 

Selain itu, pendapat kapten kedua tim yang menilai pertandingan tidak boleh dilanjutkan tidak didengarkan. Atas nama Asosiasi Sepak Bola Argentina, kami telah mengajukan keluhan kepada Komite Disiplin FIFA agar tindakan regulasi terkait dapat dilakukan. ditetapkan dan sanksi dijatuhkan kepada mereka yang bertanggung jawab, ”ujarnya. 

Baca Juga: Hasil Sepak Bola Olimpiade 2024: Argentina Kalah, Prancis Kalahkan Amerika

Pelatih Timnas U-23 Argentina Javier Mascherano mengatakan kejadian itu seperti “sirkus” terbesar yang pernah disaksikannya seumur hidupnya. 

Superstar Argentina Lionel Messi yang tidak masuk dalam skuad Olimpiade memposting kata di Instagram yaitu “insolito” yang artinya “luar biasa”. 

Argentina selanjutnya akan menghadapi Irak di Stade de Lyon pada Sabtu (27/7/2024).  Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top