Dua Faktor Penentu Besaran Tekanan Udara Ban Mobil

JAKARTA, virprom.com – Tekanan ban mobil merupakan salah satu aspek penting yang sering diabaikan oleh pengendara. Padahal, tekanan udara yang tepat tidak hanya mempengaruhi kenyamanan berkendara, tapi juga keselamatan dan efisiensi bahan bakar.

Menjaga tekanan udara sesuai rekomendasi pabrikan dapat memperpanjang umur ban, meningkatkan penanganan kendaraan, dan mengurangi risiko kecelakaan.

Selain itu, tekanan udara yang tidak tepat dapat menyebabkan keausan ban tidak merata sehingga mempengaruhi stabilitas dan kenyamanan berkendara. Tekanan yang terlalu rendah menyebabkan ban lebih cepat aus pada bagian tepinya, sedangkan tekanan yang terlalu tinggi menyebabkan bagian tengah ban lebih cepat aus.

Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tekanan ban sangatlah penting bagi setiap pengemudi atau pemilik mobil.

Baca juga: Hindari Kebiasaan Menghentikan Kemudi

Fisa Rizkiano, Head of Original Equipment (OE) Bridgestone Indonesia, mengatakan ada dua faktor utama yang menentukan tekanan ban mobil: bobot mobil dan ukuran ban.

Tekanan udara setidaknya ditentukan oleh dua faktor, yakni bobot mobil dan ukuran ban, kata Fisa Rizkiano kepada virprom.com, Kamis (1/8/2024).

Ia menjelaskan, setiap mobil memiliki kebutuhan tekanan udara yang berbeda-beda tergantung berat dan ukuran ban yang digunakan. Semakin berat kendaraan, semakin tinggi tekanan udara yang dibutuhkan untuk menjaga stabilitas dan performa ban.

“Jadi semakin berat mobilnya, tekanan bannya semakin tinggi, tekanan udara normalnya 29-36 psi. Sedangkan untuk kendaraan listrik (BEV), membutuhkan tekanan udara yang lebih besar untuk mengimbangi bobot yang lebih besar,” tambahnya.

Baca juga: Biaya perawatan Wuling Binguo EV hingga 105.000 km

Hal ini menunjukkan bahwa tidak semua kendaraan memiliki kebutuhan tekanan udara yang sama dan penting bagi pemilik kendaraan untuk selalu memeriksa dan mengatur tekanan udara sesuai dengan anjuran pabrikan untuk memastikan ban awet dan performa kendaraan maksimal. Dengarkan berita terkini dan penawaran berita kami langsung di ponsel Anda. Untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com, pilih saluran berita favorit Anda: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top