Jokowi Resmikan Pabrik Baterai EV Pertama di Indonesia

JAKARTA, virprom.com – Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (3/7/2024) meresmikan pabrik baterai mobil listrik pertama di Tanah Air yang dioperasikan oleh Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power.

Berlokasi di kawasan Karawang New Industry City (KNIC), Jawa Barat, upaya ini menjadi babak baru industri kendaraan listrik (EV) nasional. Visi untuk menjadi pemain EV global yang besar kini menjadi semakin nyata.

Baca juga: Aleix Espargaro akan menjadi pembalap penguji resmi Honda mulai tahun 2025

“Sekarang dengan dibangunnya pabrik sel baterai EV, kami akan menjadi pemain utama dalam rantai pasokan kendaraan listrik global,” ujarnya saat peresmian ekosistem baterai dan kendaraan listrik Korea Selatan di Indonesia, Karawang, Jawa Barat. Rabu.

“Kita punya sumber daya yang melimpah, tapi selama puluhan tahun kita hanya mengekspornya dalam bentuk mentah, sehingga tidak ada nilai tambah. Sekarang kita punya pabrik sel baterai EV pertama dan terbesar di Asia Tenggara,” lanjut Jokowi.

Dengan fasilitas tersebut, Jokowi pun yakin Indonesia memiliki nilai kompetitif yang sangat tinggi di kawasan Asia Tenggara. Pasalnya integrasi industri kendaraan listrik terkoneksi dari hulu hingga hilir.

Integrasi tersebut mulai dari penambahan, ketersediaan nikel, produksi bauksit, smelter, katoda dan prekursor, hingga produksi sel baterai untuk mobil listrik dan pabrik mobil itu sendiri.

Baca juga: Aleix Espargaro akan menjadi pembalap penguji resmi Honda mulai tahun 2025

“Saya apresiasi investasi pabrik mobil Hyundai Rp 20 triliun dan (komitmen) Rp 160 triliun yang akan diselesaikan secara bertahap,” ujarnya.

Pada kesempatan serupa, Menteri Badan Koordinasi Penanaman Modal/Penanaman Modal Bahlil Lahadalia mengatakan total investasi Hyundai di Indonesia sekitar US$11 miliar hingga US$12 miliar.

Dari investasi tersebut, sebesar US$9,8 miliar atau setara Rp 142 triliun telah dialokasikan untuk fasilitas integrasi pemrosesan baterai kendaraan listrik. Dana sel baterai terkait, senilai $3,2 miliar.

“Hari ini merupakan babak baru karena kita bersama menyaksikan proses pendirian pabrik aki otomotif terintegrasi,” kata Bahlil. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top