Perbedaan Software dan Aplikasi serta Contoh-contohnya

virprom.com – Dalam dunia teknologi, istilah “aplikasi” dan “perangkat lunak” seringkali digunakan secara bergantian, keduanya seringkali tertukar. Namun keduanya memiliki arti dan fungsi yang berbeda.

Perangkat lunak adalah istilah umum yang mencakup semua program dan instruksi yang digunakan komputer untuk menjalankan berbagai fungsi. Ini termasuk sistem operasi seperti Windows atau macOS, yang mengelola semua operasi dasar komputer, serta program utilitas yang membantu menjaga dan mengoptimalkan kinerja sistem.

Di sisi lain, aplikasi itu sendiri adalah jenis perangkat lunak yang dirancang untuk membantu pengguna melakukan tugas tertentu. Aplikasi umumnya memiliki tujuan yang lebih terbatas dan sering berinteraksi langsung dengan pengguna melalui antarmuka yang ramah pengguna.

Contohnya termasuk aplikasi media sosial seperti Instagram atau aplikasi produktivitas seperti Microsoft Excel. Oleh karena itu, meskipun aplikasi merupakan bagian dari perangkat lunak, namun tidak semua perangkat lunak dapat dikategorikan sebagai aplikasi.

Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan perbedaan apps dan software, serta beberapa contohnya.

Baca Juga: Jenis-Jenis Software Browsing Internet yang Perlu Anda Ketahui Pengertian Software dan Aplikasinya

Dilansir dari Geek for Geeks, software adalah kumpulan program yang bekerja sama dengan perangkat keras untuk mengoperasikan komputer. Ini adalah sekumpulan instruksi atau data yang mengontrol fungsi komputer.

Perangkat lunak berbeda dengan perangkat keras, yang merupakan bagian fisik komputer, dan perangkat lunak bertindak sebagai pelengkap perangkat keras. Sedangkan aplikasi adalah program yang dibuat untuk melakukan tugas tertentu bagi pengguna.

Ini adalah produk atau program yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Semua aplikasi merupakan bagian dari perangkat lunak, namun tidak semua perangkat lunak dapat disebut aplikasi. Perbedaan Software dan Aplikasi Pengertian perangkat lunak (software): adalah istilah umum yang mencakup semua program komputer yang digunakan untuk menjalankan atau mengendalikan perangkat keras komputer. Kategori: Perangkat lunak dibagi menjadi beberapa kategori, termasuk sistem operasi, driver perangkat keras, utilitas, dan aplikasi. Contoh: Sistem operasi seperti Windows, macOS dan Linux; driver yang memungkinkan komputer berkomunikasi dengan perangkat keras seperti printer atau kartu grafis; serta utilitas seperti program antivirus dan alat manajemen disk. Definisi Aplikasi: Ini adalah jenis perangkat lunak khusus yang dirancang untuk melakukan tugas atau fungsi tertentu bagi pengguna akhir. Kategori: Aplikasi termasuk dalam kategori perangkat lunak, tetapi lebih spesifik karena dirancang untuk tugas tertentu. Misalnya: Microsoft Word (pengolah kata), Adobe Photoshop (editing gambar), Google Chrome (browser) dan WhatsApp (aplikasi perpesanan). Baca juga: Apa itu Aplikasi Strava dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Dapatkan pembaruan berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Yuk gabung di channel WhatsApp KompasTekno.

Untuk melakukan ini, klik tautan https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda perlu menginstal aplikasi WhatsApp terlebih dahulu di ponsel Anda.

  Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top