Kerusuhan di Penjara Bangladesh, 12 Napi Tewas, Ratusan Lainnya Kabur

DHAKA, virprom.com – Kerusuhan terjadi di dua penjara di Bangladesh, menewaskan sedikitnya 12 narapidana. Bahkan, upaya kabur dari penjara tersebut berujung pada kaburnya ratusan narapidana lainnya.

Diketahui, kekacauan terjadi di Bangladesh ketika mereka berusaha menggulingkan pemerintahan Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina.

Namun, pemerintah sementara kini berjuang untuk memulihkan ketertiban hukum. Namun minggu ini terjadi kerusuhan di penjara di Dhaka utara.

Baca Juga: Inilah 15 Orang yang Bantu Yunus di Pemerintahan Sementara Bangladesh

Enam narapidana tewas di Lapas Jamapur pada Kamis (8/8/2024) setelah para narapidana menyerang penjaga penjara, kata sipir penjara Abu Fatah, dikutip AFP, Sabtu (10/8/2024).

“Mereka menyerang kami dengan tongkat besi dan pisau. Mereka membakar kantor saya. Kemudian mereka mencoba melarikan diri dan membawa serta 600 tahanan,” katanya.

“Kami terpaksa melepaskan tembakan. Sedikitnya enam warga binaan meninggal dunia, termasuk satu orang tewas ditusuk,” jelasnya.

Menurut Fatah, aparat berhasil meredam serangan tersebut sebelum ada yang melarikan diri.

Sementara itu, enam narapidana lainnya ditembak mati dalam pembobolan massal di penjara dengan keamanan maksimum di Kashimpur, hanya 30 kilometer sebelah utara Dhaka, pada hari Selasa, kata sipir penjara Lutfor Rahman kepada AFP.

Baca Juga: Mahasiswa Bangladesh Dorong Peraih Nobel Yunu Pimpin Pemerintahan Sementara

Menurut Rahman, para narapidana menyerang penjaga dengan menggunakan peralatan besi dan jeruji besi serta menerobos gerbang utama penjara, sehingga memaksa tentara dan penjaga penjara melepaskan tembakan.

“Sedikitnya 203 narapidana berhasil melarikan diri,” ujarnya.

Penjara dengan keamanan maksimum di Kashmir menampung beberapa tahanan paling terkenal di Bangladesh, termasuk ekstremis dan pembunuh.

Menurut Rahman, tidak ada satupun narapidana kelas atas yang berhasil melarikan diri dari selnya.

Sejak protes terhadap pemerintah Hasina dimulai bulan lalu, ada beberapa upaya dan hukuman penjara yang berhasil di seluruh Bangladesh.

Pada bulan Juli, lebih dari 800 narapidana melarikan diri dari sebuah penjara di pusat Narsingdi ketika ribuan orang menyerbu gedung era kolonial Inggris dan membakar kantor sipir.

Pada hari Senin, hari pemakzulan Hasina, lebih dari 500 narapidana melarikan diri dari penjara di distrik Sherpur Utara.

Baca juga: Putra Syekh Hasina: Ibu Saya Tidak Mundur Sebelum Kabur, Dia Tetap Menjadi Perdana Menteri Bangladesh yang Sah

Kerusuhan dan bentrokan di Bangladesh telah menyebabkan lebih dari 450 orang tewas, termasuk puluhan polisi, antara polisi dan pengunjuk rasa sebelum Hasina digulingkan. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top