Imane Khelif Sabet Emas Olimpiade 2024 Usai Kontroversi Gender

virprom.com – Petinju Aljazair Imane Khalif berhasil meraih medali emas tinju putri kategori 66 kg di Olimpiade Paris 2024.

Imane Khalif yakin bisa meraih medali emas Olimpiade 2024 setelah mengalahkan Liang Liu dari China dengan keputusan mutlak.

Petinju berusia 25 tahun itu mendapat dukungan penuh dari masyarakat Aljazair saat masuk ring untuk berlaga di final Olimpiade 2024.

Imane Khelief berhasil mengalahkan Liang Liu. Ia pun menekuni dunia menari setelah meraih medali emas di Olimpiade 2024.

Baca juga: Petinju Italia Ingin Minta Maaf kepada Iman Khelief Usai Perselisihan di Paris

Helif juga menjadi petinju Aljazair pertama yang meraih medali emas Olimpiade.

Sebelumnya, keikutsertaan Imane Khalif di Olimpiade 2024 menimbulkan perdebatan publik soal status gender petinju bertinggi badan 178 sentimeter itu. Kapan Iman Khalifa meraih medali emas kategori 66 kg putri???? pic.twitter.com/vKbf08XUhV — ESPN Afrika (@ESPNafrica) 9 Agustus 2024

Khelief telah didiskualifikasi dari Kejuaraan Tinju Dunia 2023 setelah gagal lulus tes gender.

Kemudian, di Olimpiade 2024, di babak 16 besar, petinju Italia Angelo Corini disingkirkan secara rasis setelah meraih kemenangan dalam waktu 46 detik.

Baca Juga: Lin Yu Ting Capai Final Olimpiade di Tengah Kontroversi Gender, Petinju Turki Raih X

Namun Komite Olimpiade Internasional (IOC) mengizinkan Imane Khalif melanjutkan kiprahnya di Olimpiade Paris.

Unit Tinju Paris (PBU), yang didirikan oleh Komite Olimpiade Internasional untuk menjadi tuan rumah turnamen tinju Paris, mengatakan Khalif memenuhi syarat untuk berkompetisi berdasarkan peraturan Olimpiade sebelumnya.

Mark Adams, juru bicara Komite Olimpiade Internasional, juga mengatakan bahwa Khalif terlahir sebagai perempuan dan sejak awal berkompetisi di kategori putri.

“Petinju Aljazair itu lahir sebagai perempuan, terdaftar sebagai perempuan, hidup sebagai perempuan, melarikan diri sebagai perempuan dan memiliki paspor perempuan,” kata Mark Adams.

  Dengarkan berita dan pembaruan terkini kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran perpesanan favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top