Biang Kerok Radiator Mobil Pampat

SLEMAN, virprom.com – Fungsi radiator adalah mendinginkan cairan pendingin sehingga menjaga suhu mesin pada suhu pengoperasian tetap konstan. Jika proses pendinginan tidak maksimal maka suhu mesin akan naik dan menyebabkan kerusakan.

Proses pendinginan refrigeran akan optimal jika didukung dengan kinerja komponen-komponen sistem pendingin yang baik. Salah satunya adalah lancarnya aliran cairan pendingin di area radiator.

Hardy Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta, mengatakan salah satu masalah yang sering terjadi pada sistem pendingin adalah aliran radiator yang tidak memadai atau tersumbat.

Baca juga: Alasan Sebenarnya Air Radiator Mendidih dan Meluap ke Kolam

Dampak dari radiator tersumbat adalah proses pendinginan menjadi tidak maksimal dan jika diabaikan dapat menyebabkan perubahan bentuk komponen mesin sehingga harus dilakukan tindakan pembongkaran mesin, kata Hardy kepada virprom.com. Sabtu (6/1/2024).

Untuk menjamin umur mesin, kata Hardy, konsumen harus memperhatikan kesehatan sistem pendingin, seperti rutin mengganti cairan pendingin sesuai kapasitas.

“Ada coolant yang tahan lama, jadi bisa diganti setiap 80.000 km, tapi tidak semua coolant yang ada di pasaran bisa, jadi interval penggantiannya harus disesuaikan dengan performa masing-masing produk,” ujarnya Hardy.

Baca juga: Air Radiator Keluar Saat Start, Apakah Ini Tanda Mobil Perlu Matikan Mesin?

Menurut Hardy, ketika kinerja cairan pendingin menurun, beberapa tugas dasar, seperti anti korosi dan pembersihan komponennya, tidak akan berjalan dengan baik.

“Akibatnya cairan pendingin akan menjadi keruh dan kotoran akan mudah berkumpul atau terkumpul di area radiator, terutama di bagian pipa atas yang alirannya lebih lambat, dan lama kelamaan kotoran tersebut akan menyumbat pipa radiator” kata Hardy.

Selain tidak mengganti cairan pendingin, penggunaan air mineral untuk mengisi radiator menjadi penyebab lainnya.

Baca juga: Hindari Overheating dan Jangan Abaikan Kondisi Radiator Mobil Anda

Sumbernya seperti air keran dari sumur atau bawah tanah, termasuk air minum dalam kemasan. Tergantung keruh atau tidak. Harus pakai air bersih untuk mengisi radiator, kata Hardy.

Menurut Hardy, air bersih bisa diperoleh dengan membeli air aki bertutup botol berwarna biru. Oleh karena itu, komponennya hanya berupa air dan tidak ada mineral lain yang dapat menyebabkan korosi pada komponen mesin. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung dari ponsel Anda. Untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com, pilih saluran berita favorit Anda: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top