Piala Asia U23 2024, Pengamat Soroti Mental Pemain Indonesia Saat Bekuk Korsel

virprom.com – Pengamat sepak bola nasional Akmal Marhali mengungkap kunci sukses timnas U23 Indonesia mengalahkan Korea Selatan dan melaju ke babak semifinal Piala Asia U23 2024. 

Indonesia menang 11-10 atas Korea Selatan lewat adu penalti pada WIB di Stadion Abdullah Bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat (26/4/2024) pagi. 

Kemenangan tersebut membawa Indonesia lolos ke babak semifinal dan akan menghadapi finalis Piala Asia U23 2022, Uzbekistan, di stadion yang sama pada Senin (29/4/2024) pukul 21.00 WIB. 

Akmal menilai Garuda Muda bisa bermain dengan sangat tenang dan percaya diri meski kehilangan pengalaman di Korea Selatan.

Baca juga: Timnas U23 Indonesia Bermain Tanpa Rasa Takut, Kata Pengamat Malaysia

“Permainannya bagus sekali, mungkin diluar ekspektasi Korea Selatan. Indonesia bermain sangat tenang dan percaya diri,” kata Akmal kepada virprom.com, Jumat (26/4/2024).

Akmal mengatakan, “Mentalitas mereka bagus sehingga Korea Selatan tertipu. Mungkin mereka mengira Indonesia akan selamat dari serangan balasan.”

Namun sepertinya Indonesia bisa memberikan tekanan di lapangan. Menurut saya kunci sukses timnas bisa menang meski ditentukan melalui adu penalti, ujarnya. 

“Bicara pengalaman, kedewasaan, dan sejarah, kami kalah dari Korea Selatan. Ketika kami keluar sebagai starter, mereka bisa bermain dengan percaya diri dan tidak gugup saat melawan Korea Selatan,” kata Akmal. Ini kunci suksesnya. 

Baca juga: AG Santoso Sebut Prestasi Timnas U23 Indonesia Bukan Karena Keberuntungan

Akmal juga menilai kemenangan atas Australia dan Yordania meningkatkan kepercayaan diri timnas U23 Indonesia saat menghadapi Korea Selatan. 

Dia berkata, “Tidak disangka kami lebih baik dari Korea Selatan, grafis gamenya meningkat.”

Akmal berkata: “Para pemain percaya diri setelah mengalahkan Australia dan Yordania dan (menang) secara dramatis melawan Korea Selatan. 

Kualifikasi semifinal Piala Asia U23 2024 semakin mendekatkan Indonesia ke Olimpiade Paris 2024. 

Indonesia harus melaju ke final atau setidaknya memenangkan pertandingan medali perunggu untuk mendapatkan tiket otomatis ke Paris. 

Namun jika hanya finis keempat, Indonesia akan menghadapi babak playoff melawan Guinea, tim peringkat keempat Piala Afrika U23. 

Akmal juga mengingatkan kita akan hal-hal yang bisa diprediksi oleh seleksi pada pertandingan semifinal.

Baca juga: 3 Skenario Timnas U23 Indonesia Raih Tiket ke Olimpiade Paris 2024.

“Biasanya siapapun yang kita hadapi adalah lawan yang sama, kita sudah masuk babak knockout. Siapapun lawannya, kita tidak takut, kita harus tampil sebaik mungkin,” ujarnya.

“Melangkah di jalur yang benar, selangkah lagi menuju Olimpiade Paris, siapa pun yang bertanding harus bersiap. Jaga pola pikir, jangan terlalu percaya diri,” kata Akmal.

Katanya, “Sabar, lakukan recovery. Tugas juga antisipasi Rafael Strik tidak bisa bermain, sudah menjadi kewajiban tersendiri jika Ramadhan Sananta bisa berperan sebagai Strik.”  Dengarkan berita terkini dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top