3 Kunci Utama Panjat Tebing Indonesia Siap Tempur di Olimpiade 2024

virprom.com – Kompetisi panjat tebing Olimpiade Paris 2024 akan digelar di venue pendakian Le Bourget hari ini, Senin (5/8/2024).

Sesuai jadwal, dua atlet panjat tebing Indonesia, Desak Made Rita Kusuma Dewi dan Rajiah Sallsabillah, akan bertanding pada pukul 18.00 WIB.

Mereka akan bersaing memperebutkan unggulan untuk selanjutnya tampil di babak kualifikasi knockout pada pukul 18.35 WIB.

Sementara dua atlet panjat tebing Indonesia lainnya, Veddriq Leonardo dan Rahmad Adi Mulyono, akan bertanding pada Selasa (6/8/2024) pukul 18.00 WIB.

Ketua Pengurus Besar Federasi Panjat Tebing Seluruh Indonesia (PB FPTI) Yeni Wahid mengatakan, ada tiga kunci utama tim panjat tebing Indonesia bisa meraih prestasi terbaik di Olimpiade Paris 2024.

Baca juga: 0,005 detik untuk medali emas Olimpiade Paris 2024

“Selain jasmani dan rohani, pasti ada faktor ketiga, yaitu rohani. Apapun tujuannya harus disertai doa,” kata Yeni dalam keterangan tertulisnya, Senin (8/5/2024).

“Beberapa kali sebelum berangkat ke Paris kita salat berjamaah, umat Islam tentu salatnya secara Islami, agama-agama yang lain kita lakukan.

Menurutnya, para atlet panjat tebing Indonesia kini sudah siap secara fisik dan mental untuk menghadapi persaingan.

Persiapan yang dilakukan, jelas Yeni, salah satunya adalah aklimatisasi dengan tiba lebih awal di Paris untuk beradaptasi, baik dari segi iklim dan suasana serta jam tidur yang berubah akibat perubahan waktu.

Ditegaskannya, pihaknya juga terus memberikan bantuan untuk menjaga harapan dan peluang meraih medali cabang olahraga panjat tebing bagi Indonesia.

Baca juga: Carolina Marín Lebih dari Sekadar Medali Olimpiade dari Paris, Perjuangan Hebat di Balik Bajingan

“Para pendaki fisik sangat siap, karena mereka adalah atlet terbaik dunia, minimal menduduki peringkat 3 besar dunia, bahkan sering meraih medali emas, dan sudah terbiasa naik podium,” kata Yeni.

Tapi kami mengharapkan doa khususnya dari seluruh masyarakat Indonesia, terutama untuk melindungi mereka, misalnya dari tidur, start jelek lalu didiskualifikasi, serta hal-hal yang tidak kita duga, lanjutnya.

Ia menambahkan, para atlet kerap melakukan sesi afirmasi positif untuk meyakini dirinya layak menjadi juara Olimpiade.

Oleh karena itu, kami mengadakan pendampingan khusus kepada para atlet agar mereka bisa berefleksi dan kemudian mengatakan bahwa mereka adalah juara dan juara di Olimpiade, ujarnya.

Baca juga: Amerika Serikat Dia. Ia juga memecahkan rekor dunia estafet gaya ganti putri Olimpiade Paris 2024.

Sebagai informasi, panjat tebing, bulu tangkis, dan angkat besi sama-sama mengincar medali emas Olimpiade Paris 2024.

Meski bulu tangkis hanya meraih medali perunggu di tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung asal Indonesia masih berpeluang meraih emas di cabang panjat tebing dan angkat besi. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top