Rangkuman Hari Ke-897 Serangan Rusia ke Ukraina: Situasi Sulit di Kursk Pascaserangan Ukraina | Donetsk Dihantam Rusia

KYIV, virprom.com – Pihak berwenang Rusia telah mengumumkan keadaan darurat di kota Kursk. Tiga ribu warga sipil dievakuasi, tiga stasiun kereta api ditutup.

Presiden Ukraina Zelenskyi dalam pidato malamnya juga menyebutkan serangan terhadap Kursk. Inilah salah satu poin penting dalam rangkuman hari ke-897 invasi Rusia ke Ukraina, Kamis (8/8/2024).

Ulasan EA Worldview, ringkasan lengkap di sini.

Baca juga: Ukraina Minta Meksiko Tangkap Putin Jika Hadiri Pelantikan Presiden Claudia

Ketua komite pertahanan Bundestag, Markus Faber, mengatakan bahwa peralatan Jerman mungkin saja digunakan selama serangan Ukraina di wilayah Kursk Rusia.

Para pejabat Rusia mengkonfirmasi bahwa pengangkut personel lapis baja Jerman mengambil bagian dalam serangan lintas batas yang dimulai pada hari Selasa dan maju 15 km (9,3 mil) barat daya Rusia.

“Dengan adanya transfer ke Ukraina, ini adalah senjata Ukraina,” kata Faber kepada surat kabar Jerman.

Menurutnya, hal tersebut berlaku untuk semua material, termasuk tank Leopard 2.

“Dengan serangan Rusia ke Ukraina, wilayah kedua negara menjadi zona perang. “Senjata akan digunakan sesuai dengan ketentuan hukum internasional,” tambahnya

Presiden Volodymyr Zelenskyi mencatat bahwa Ukraina telah melintasi perbatasan dengan wilayah Kursk di barat daya Rusia.

Selama peluncuran aplikasi militer baru, Zelensky mencatat bahwa semua orang dapat melihat bahwa tentara Ukraina tahu cara memberikan kejutan.

Malam harinya, ia diiringi dengan video imbauan kepada masyarakat.

“Rusia membawa perang ke tanah kami dan mereka harus merasakan apa yang telah mereka lakukan. Kami berusaha untuk mencapai tujuan yang ditetapkan secepat mungkin di masa damai, dalam kondisi yang adil dan damai.”

Pihak berwenang Rusia telah mengumumkan keadaan darurat di Kursk. Tiga ribu warga sipil dievakuasi, tiga stasiun kereta api ditutup.

Komandan pasukan khusus Chechnya “Akhmat”, Jenderal Apti Alaudinov, mengakui pasukan Ukraina telah maju kurang lebih 10 kilometer.

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Profil Muhammad Yunus | 300 tentara Ukraina menyerang Rusia Rusia menyerang Donetsk

Di hari terakhir, akibat serangan Rusia di Ukraina, sedikitnya dua warga sipil tewas dan 15 lainnya luka-luka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top