Curhat Konsumen BYD M6 Tidak Dapat Garansi Perawatan, Ini Kata BYD

Tangerang, virprom.com – Pada Minggu (21 Juli 2024), komentar keluhan netizen terhadap produk BYD M6 yang baru saja diluncurkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 bermunculan di media sosial.

Salah satu akun review youtuber, akun @rendyxyx1, menyebutkan bahwa seluruh konsumen yang membeli BYD M6 akan mendapatkan layanan gratis seperti mobil baru lainnya, dimana tidak ada biaya perawatan hingga 50.000 km atau sekitar 5 tahun pemakaian dia.

Pemilik rekening juga mempertanyakan kebijakan dealer mengenai pemeliharaan, dengan menyatakan bahwa hal tersebut tidak biasa dan aneh padahal ada risiko kehilangan uang muka (DP) sebesar 50% jika terjadi pembatalan.

Baca juga: BYD M6 Baru Meluncur, Klaim Sudah Pesan Ratusan Unit

“Demi melindungi hak-hak konsumen, terutama yang berkaitan dengan BYD M6, yang terbaik adalah mengetahui dan menyebarkan berita serta membantu paman dan bibi Anda. BYD, seperti merek lain, tidak menginginkan jaminan layanan/ Kami akan memberikan 4- Gratis servis + suku cadang selama 6 tahun, silakan hubungi BYD Sales/Dealer MSG2.

Saya seorang konsumen dengan pesanan pembelian. Saya sedang dalam proses pembatalan dengan resiko kehilangan 50% uang muka karena pihak penjual tidak mengetahuinya. Saya tidak ingin mempermasalahkan jumlah pesanan pembelian 10 juta. Kalau 50%, itu hanya pengurangan 5 juta saja, tapi agar tidak ada konsumen yang mengalami hal seperti yang saya alami.

Saya sangat kecewa dengan kebijakan yang sangat aneh ini, ini adalah kebijakan pertama di dunia dan sangat merugikan konsumen. Ini adalah pertama kalinya di dunia konsumen membeli mobil baru tanpa jaminan perawatan.

Saya harap Anda membaca ini, segera menyadarinya, dan kembali ke jalan yang benar. Mereka tidak hanya membuat aturan acak sesuai keinginan Anda karena merasa paling besar, mereka mungkin juga memiliki keinginan obsesif untuk menjadi Nokia kedua.

Kalau ada yang bilang mobil listrik tidak perlu perawatan, apa pesannya Anda perlu mengecek merek mobil Anda, beberapa KM, termasuk remnya meski bermesin EV. Tanyakan apa saja yang perlu diganti. . Cairan, kampas rem, air coolant “Masih perlu cek radiator, aki, AC dan ganti apa saja dalam jarak beberapa km2. Belum perlu bayar cek IG atau pajak. Lumayan, tapi 4 Seharusnya gratis untuk ~6 tahun,” tulis surat kabar itu. Unggah akun @rendyxyx1.

virprom.com melacak pemilik akun @rendyxyx1 dan memverifikasi kronologi transaksinya. Namun, komentar tersebut dengan cepat menghilang.

virprom.com mencoba bertanya kepada tim penjualan pada pameran GIIAS 2024, Minggu (21 Juli 2024). Salah satu perwakilan penjualan menegaskan bahwa biaya layanan tidak dihapuskan setiap kali Anda membeli BYD M6.

Seluruh konsumen yang membeli BYD M6 hanya akan mendapatkan garansi mobil dan aki mobil.

“Tidak ada (perawatan terjadwal) untuk M6. Ato, Dolphin dan Seal mendapat perawatan terjadwal gratis selama empat tahun. Karena harga mobil ini murah, ini tersedia di BYD seluruh Indonesia,” kata BYD. perwakilan penjualan.

Sementara itu, BYD Motor Indonesia melalui Head of Marketing Communication Luther T. Pandjaitan mengatakan seluruh kendaraan listrik BYD hadir dengan garansi kendaraan dan aki kendaraan. Namun, biaya pemeliharaannya terpisah.

“Semua model BYD memiliki garansi yang sama: kendaraan traksi baterai dan unit penggerak motor listrik. Namun, berbeda dalam perawatan (servis) yang penting untuk mobil dan tidak menjamin performa mobil.” tentang garansi pemeliharaan, ”kata Luther.

Menurut Luther, kendaraan listrik (EV) berbeda dengan kendaraan tradisional (mesin pembakaran internal/ICE) yang memerlukan perawatan dan biaya mahal. Hal ini yang masih belum dipahami oleh banyak konsumen Indonesia.

Baca juga: Perbandingan BAIC X 55-II dan Chery Omoda 5 GT, Lebih Bertenaga Mana?

“Penting juga untuk dipahami bahwa EV berbeda dari ICE, sehingga pelanggan dapat menganggapnya seperti mobil ICE tradisional. “Dari pengalaman satu tahun, biayanya lebih rendah dibandingkan dengan masalah ICE,” kata Luther.

“Kalaupun mobilnya EV, masyarakat masih menganggapnya sama dengan ICE. Kita perlu menggunakan ICE untuk memberikan informasi yang lebih baik kepada konsumen dan mengedukasi pelanggan (tentang kendaraan listrik). Pilih saluran berita favorit Anda di ponsel dan akses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top