100 Lebih Penerbangan di Bandara Changi Ditunda Sepanjang Juli akibat Gangguan Sistem

SINGAPURA, virprom.com – Lebih dari 100 penerbangan di Bandara Changi tertunda lebih dari 30 menit pada bulan Juli karena kegagalan sistem yang disebabkan oleh pembaruan CrowdStrike.

Hal ini diumumkan Menteri Transportasi Singapura Chee Hong Tat pada 6 Januari 2024.

Disrupsi teknologi global ini berdampak pada penerbangan dan bandara di seluruh dunia.

Baca Juga: Pesawat Jatuh di Bandara Kathmandu, 18 Orang Meninggal

Menurut CNA, maskapai penerbangan terpaksa menerapkan sistem check-in manual dengan mesin swalayan di Bandara Changi.

“Bandara Changi menangani rata-rata 1.000 penerbangan per hari,” tulis Chee dalam balasan tertulisnya kepada parlemen.

“Pada 19 Juli, 108 penerbangan ditunda lebih dari 30 menit dan satu penerbangan dibatalkan karena pemadaman sistem yang dipicu oleh CrowdStrike.”

Dia menjawab pertanyaan dari anggota parlemen tentang jumlah penerbangan yang terkena dampak penghentian CrowdStrike dan bagaimana Singapura dapat meningkatkan stabilitas status hub udaranya.

Selama insiden tersebut, Grup Bandara Changi (CAG), maskapai penerbangan dan pejabat darat yang terkena dampak mengaktifkan rencana kelangsungan bisnis seperti proses check-in manual dan manajemen proaktif untuk mengatasi kemacetan darat.

Misalnya, penyesuaian dilakukan untuk mengubah operasi check-in umum maskapai menjadi check-in penerbangan khusus untuk mengelola penumpang dengan lebih baik dan memprioritaskan penerbangan dengan waktu keberangkatan lebih awal.

“Langkah-langkah ini akan memungkinkan bandara dan maskapai penerbangan untuk terus beroperasi, meski dengan tingkat efisiensi yang lebih rendah,” katanya.

Baca Juga: Pesawat Jatuh di Bandara Kathmandu, 18 Orang Meninggal

“CAG bekerja sama dengan maskapai penerbangan dan staf darat yang terkena dampak untuk meninjau rencana kelangsungan bisnis, dengan mempertimbangkan poin pembelajaran dari insiden ini, termasuk bagaimana tanggap darurat dapat diterapkan dengan lebih efektif,” kata Chee. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top