Trafik Data Gabungan Telkomsel dan Indihome Naik Hampir 2 Kali Lipat

JAKARTA, virprom.com – Pada 1 Juli 2023, Layanan Internet Kabel alias IndiHome Broadband resmi bergabung dengan Telkomsel dan kini menjadi bagian dari operator seluler tersebut.

Setelah lebih dari setahun, trafik data antara Telkomsel dan IndiHome meningkat.

Hal tersebut diungkapkan Indra Diputra, Vice President Corporate Strategy, Innovation, Sustainability, dan Marketing Telkomsel, pada acara pembukaan konferensi pers tahun 2024 yang digelar di Telkomsel Smart Office, Jakarta Selatan, Rabu (7/8/2024). 

Menurut Endra, total trafik Telkomsel dan IndiHome saat ini berkisar 30.000 petabyte (PB), dan pada tahun 2023 trafik gabungan kedua perusahaan akan meningkat dua kali lipat menjadi sekitar 17.900 PB.

“Jumlah ini bisa dikatakan sebagai penyumbang beban terbesar di Indonesia,” kata Endra kepada media. Jika dijelaskan, sekitar 60% trafik di Indonesia berasal dari pelanggan telco (dan IndiHome).  

Baca Juga: Perusahaan Telekomunikasi Ubah Sampah Kartu SIM Jadi Trotoar dan Tempat Telepon

Endra melanjutkan, peningkatan trafik ini dimungkinkan karena perusahaan telekomunikasi telah mengalami banyak kemajuan dalam teknologi jaringan dan bisnis.

Misalnya saja dari segi jumlah base transmisi station (BTS), Telkomsel memiliki sekitar 265.900 BTS yang tersebar di Indonesia, naik dari 198.492 BTS pada tahun 2023. Dari ratusan ribu BTS tersebut, 716 di antaranya merupakan BTS 5G.

Sementara BTS 4G Telkomsel kini menjangkau 97% total penduduk Indonesia yakni sekitar 275 juta jiwa.

Peningkatan jumlah BTS juga menyebabkan peningkatan pelanggan Telkomsel, yaitu menjadi 159,3 juta pelanggan pada tahun 2023, dan kini menjadi 159,9 juta pelanggan. Untuk pelanggan IndiHome, jumlahnya kini mencapai 9,1 juta.

Kemudian pelanggan aktif bulanan (MAU) juga meningkat dari 35 juta pelanggan pada tahun 2023 menjadi 46 juta pelanggan pada pertengahan tahun 2024.

Baca Juga: 6 Cara Cek Nomor Telekomunikasi Secara Offline dan Online

Dengan semakin banyaknya pelanggan, pihak telco pun semakin menambah titik penjualannya di seluruh Indonesia.

“Saat ini jumlah gerai Telekom sekitar 300.000 gerai yang tersebar di 514 kota/wilayah di Indonesia, dan kami berharap jumlah tersebut akan terus bertambah ke depannya,” jelas Indra.

Melanjutkan, Edera mengatakan pihaknya akan terus meningkatkan layanan dan melanjutkan upaya integrasi Telkomsel dan IndiHome agar dapat memberikan layanan yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

“Selanjutnya, kami ingin menyatukan seluruh ekosistem digital di Telkomsel untuk meningkatkan ekonomi digital, mendorong transformasi digital, dan mendorong lebih banyak masyarakat untuk terhubung satu sama lain melalui telekomunikasi,” tutup Endra. Dengarkan berita langsung dan pembaruan di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda virprom.com Saluran WhatsApp: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top