Gerabah Tembus Pasar Internasional, Wapres Minta Terus Dikembangkan

Yogyakarta, virprom.com – Wakil Presiden Indonesia (Vpress) Maru Amin mengunjungi Museum Patriot My KBRI Raharjo Kasungan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Rabu (7/8/2024).

Wapres bersama istrinya Vori Maruf Amin mengunjungi berbagai koleksi kerajinan tanah liat yang ada di museum.

Wapres juga mengapresiasi kerja keras dan inovasi para perajin gerabah Kasongan yang berhasil mendapatkan akses ke pasar internasional.

“Saya kira itu patut kita apresiasi. Jadi ada desa bernama Kasongan, dibangun oleh para pendirinya, dirancang oleh Pak Tembol yang seorang seniman, sehingga dijadikan museum. Ya,” kata Wapres.

Baca Juga: Kunjungi Museum Tembikar di Bintul, Wapres Ingin Ciptakan Kembali Perajin

Maruf Amin mengaku terinspirasi dengan beragamnya bentuk gerabah yang dihasilkan, mulai dari gerabah tradisional hingga keramik modern.

Tampaknya hasilnya diekspor ke Eropa dan Amerika. Ini luar biasa, kata mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini.

Namun Wapres juga menyoroti tantangan yang dihadapi perajin gerabah dalam hal ketersediaan bahan baku.

Sebab, aliran tanah mulai mengalir perlahan dari Kasongan.

“Saya tanya ke dia, lama nggak penyelesaian tanahnya? (Masih cukup? Kayaknya diminta dari luar, dari luar daerah, karena di sini (Kasongan) sudah ada. Lama sekali. sudah berakhir,” kata Wapres.

“Jadi (tanah) itu didatangkan dari berbagai daerah. Jadi tidak pernah habis (di sini) karena bisa didapat di mana saja,” tegasnya.

Baca Juga: Berkunjung ke Yogyakarta, Wapres akan mengunjungi Museum Tembikar.

Wapres juga berharap inovasi tanah liat ini dapat dikembangkan lebih lanjut oleh generasi muda Kasungan.

Maruf ingin kawasan tersebut menjadi ruang belajar bagi generasi muda yang ingin membuat produk dari tanah liat.

“Saya sangat tertarik dan berharap bisa dikembangkan lebih lanjut, khususnya bagi putra-putri Kasongan. Bisa juga menjadi tempat kajian bagi daerah lain yang ingin mengembangkan model gerabah ini,” kata Wapres. .

Museum Tembikarku yang didirikan oleh Tambal Raharju berfungsi sebagai tempat pameran seni rupa serta pusat pendidikan dan pelestarian budaya.

Museum ini juga menawarkan berbagai fasilitas, seperti dapur MG dan kelas tembikar, yang memberikan pengalaman edukatif dan interaktif bagi pengunjung. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top