Apakah Anda Mengalami Pradiabetes? Ini Ciri-cirinya…

virprom.com – Pradiabetes merupakan tahap awal dari diabetes tipe 2.

Jika Anda menderita pradiabetes, berarti kadar gula darah Anda cukup tinggi, namun belum termasuk diabetes tipe 2.

Merujuk Kementerian Kesehatan RI, tingginya kadar gula pradiabetes adalah 100-125 mg/dL (untuk mengukur gula darah) dan 140-199 mg/dL (untuk mengukur gula darah sementara).

Baca Juga: 5 Cara Mengontrol Pra-Diabetes

Sedangkan kadar gula darah normal adalah kurang dari 100 mg/dL (untuk pengukuran gula darah puasa) dan 140 mg/dL (untuk pengukuran gula darah acak).

Anda disebut diabetes jika kadar gula darah Anda lebih besar dari 126 mg/dL (gula darah puasa) dan lebih dari 200 (gula darah acak).

Bila Anda menderita pradiabetes, gula darah tinggi dapat mulai menyebabkan kerusakan jangka panjang, terutama pada jantung, pembuluh darah, dan ginjal, menurut Mayo Clinic.

Untuk mengetahui lebih lanjut apa saja gejala pradiabetes, lanjutkan membaca artikel ini.

Baca Juga: Perlukah Penderita Pradiabetes Minum Obat? Berikut penjelasannya… Ciri-ciri pradiabetes

Mayo Clinic mencatat bahwa selain hasil gula darah yang secara pasti menunjukkan Anda menderita pradiabetes, kondisi ini biasanya tidak memiliki gejala yang jelas.

Itu sebabnya penting untuk melakukan pemeriksaan kesehatan metabolisme dasar, termasuk memeriksa kadar gula darah.

Menurut Klinik Cleveland, ini adalah satu-satunya cara pasti untuk mengetahui apakah Anda menderita pradiabetes.

Namun, beberapa orang mungkin mengalami gejala pradiabetes.

Gejala pradiabetes dapat berupa: Ketiak atau bagian belakang atau samping leher menjadi gelap (acanthosis nigricans) Munculnya banyak kutil pada kulit Perubahan penglihatan pada mata yang dapat menyebabkan retinopati diabetik. .

Baca Juga: Kapan Disebut Pra-Diabetes? Inilah faktanya…

Lalu, seperti dikutip dari Mayo Clinic, gejala diabetes yang berkembang menjadi diabetes tipe 2 antara lain: rasa haus, sering buang air kecil, rasa lapar, mudah lelah, penglihatan kabur, mati rasa atau kesemutan pada kaki atau tangan, luka infeksi berulang yang tidak sedap dipandang dalam jangka waktu lama. Penurunan berat badan untuk penyembuhan

Jika Anda melihat gejala pradiabetes seperti di atas, segera temui dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pedoman pengobatan yang tepat untuk kondisi Anda.

Jika pradiabetes tidak ditangani dengan baik, kondisinya akan berkembang menjadi diabetes tipe 2 dan meningkatkan risiko penyakit lain seperti penyakit jantung, ginjal, dan kerusakan mata.

Baca Juga: 8 Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

  Dengarkan berita terkini dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top