Rangkuman Hari Ke-896 Serangan Rusia ke Ukraina: Ribuan Orang Dievakuasi | Rudal-Drone Ditembak Jatuh

virprom.com – Perang Rusia-Ukraina terus berlanjut. Padahal, Rabu (7/8/2024) sudah memasuki hari ke-896.

Pada hari Rabu, Ukraina melancarkan serangan besar lainnya ke wilayah Rusia untuk hari kedua. Ribuan orang harus dievakuasi.

Pada hari yang sama, Rusia mengatakan sebuah drone dan rudal Ukraina ditembak jatuh di wilayah Kursk di barat daya Rusia.

Baca juga: Negara-negara mengutuk menteri Israel atas komentarnya yang membenarkan kelaparan di Gaza

Berikut rangkuman hari ke-896 penyerangan Rusia ke Ukraina, dikutip dari kantor berita AFP. 1. Ribuan orang mengungsi dari Rusia dan Ukraina

Rusia pada hari Rabu berhasil menggagalkan serangan besar-besaran lintas batas dari Ukraina untuk serangan hari kedua.

Ini adalah serangan paling serius di wilayah Rusia yang dilakukan pasukan Kyiv dalam beberapa bulan terakhir, yang menyebabkan kedua negara harus mengevakuasi beberapa ribu warga sipil.

Keadaan darurat setempat diumumkan di wilayah Kursk Rusia pada Rabu malam, 36 jam setelah pasukan, tank, dan kendaraan lapis baja Ukraina menyerbu wilayah perbatasan barat.

Rusia mengatakan pihaknya meluncurkan senjata udara dan artileri untuk menangkis serangan pada hari Rabu, setelah mengirimkan bala bantuan ke wilayah tersebut dalam upaya untuk menghentikan kemajuan Ukraina.

Setelah dua hari pertempuran, tingkat kerusakan dan seberapa besar kemajuan yang dicapai Ukraina masih belum jelas.

Meskipun beberapa laporan dari blogger militer Ukraina dan Rusia mengklaim bahwa para pejuang telah mencapai beberapa kilometer.

Presiden Vladimir Putin mengatakan Ukraina menyerang gedung-gedung sipil dan ambulans tanpa pandang bulu, sementara jenderal tertinggi Rusia berjanji akan menindak tegas serangan-serangan tersebut.

“Rezim Kyiv kembali melakukan provokasi besar,” kata Putin dalam pertemuan yang disiarkan televisi dengan para pejabat pemerintah.

Baca juga: Israel Periksa Tempat Perlindungan Bom, Bersiap Jika Ada Serangan

Setidaknya lima warga sipil tewas dan 31 lainnya luka-luka, enam di antaranya anak-anak, sejak serangan dimulai. 2. Rudal dan drone ditembak jatuh di Kursk

Ukraina meluncurkan rudal dan drone ke wilayah Kursk di barat daya Rusia semalam, kata gubernur setempat pada Rabu, sehari setelah pasukan pro-Kyiv menyerbu perbatasan dengan tank dan kendaraan lapis baja.

“Dua rudal Ukraina ditembak jatuh oleh sistem pertahanan udara di wilayah Kursk,” tulis gubernur regional Alexei Smirnov di saluran media sosial Telegram, dan menambahkan bahwa tiga drone juga hancur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top