Fitur Kecerdasan Buatan Galaxy AI Hadir di Ponsel Murah Samsung?

virprom.com – Samsung dikabarkan akan memperkenalkan fitur kecerdasan buatan (AI) Galaxy AI untuk lini ponsel kelas menengahnya, Samsung Galaxy A series.

Hingga saat ini, fitur Galaxy AI hanya tersedia di smartphone seri S terbaru Samsung, seperti seri Galaxy S23 dan S24.

Dua model Samsung seri A yang disebut-sebut akan mengusung Galaxy AI antara lain Samsung Galaxy A35 dan Samsung Galaxy A55.

Menurut outlet media teknologi SamMobile, yang telah menerima informasi dari sumber orang dalam tepercaya, fitur tersebut akan tersedia melalui pembaruan antarmuka (UI) One UI 6.1.1, yang kemungkinan akan dirilis pada Agustus atau September 2024.

Jika Anda belum familiar, Galaxy AI merupakan kecerdasan buatan di perangkat (on-device) dan berbasis cloud dengan serangkaian fitur unik seperti peringkasan teks dan suara-ke-teks.

Galaxy AI sebelumnya diperkenalkan pada trio smartphone andalan Samsung Galaxy S24. Fitur AI ini kemudian diperkenalkan pada seri Samsung S23, Samsung Tab S9 dan yang terbaru pada ponsel lipat Samsung Galaxy Z Fold 6 dan Samsung Galaxy Z Flip 6.

Kini fitur tersebut sudah tersedia di ponsel yang lebih terjangkau yaitu Samsung A35 dan Samsung A55. Samsung A35 dijual Rp 5 jutaan di Indonesia, sedangkan Samsung A55 ditawarkan Rp 6 jutaan.

Baca Juga: Samsung Luncurkan Fitur Galaxy AI Favorit Masyarakat Indonesia

Perlu diperhatikan bahwa tidak semua fitur Galaxy AI akan di-porting ke Samsung A35 dan Samsung A55. Belum diketahui juga fitur apa saja yang bisa digunakan di kedua ponsel kelas menengah tersebut.

Diperkirakan Samsung akan mengurangi banyak fitur yang membutuhkan daya pemrosesan besar.

Misalnya saja ponsel termurah yang saat ini dibekali fitur Galaxy AI adalah Samsung Galaxy S23 FE alias Fan Edition. Ponsel ini tidak dilengkapi dengan fungsi AI Instant Slow-Mo yang memungkinkan semua video di galeri ponsel diputar secara lambat (slow motion) saat Anda mengetuknya.

Sebenarnya fitur ini bisa digunakan di ponsel seri Samsung Galaxy S24.

Samsung Galaxy S24 versi Indonesia menggunakan chipset Exynos 2400, sedangkan versi AS menggunakan Snapdragon 8 Gen 3.

Sedangkan Samsung S23 FE versi Indonesia ditenagai chip Exynos 2200, sedangkan versi AS ditenagai chip Snapdragon 8 Gen 1.

Lalu ponsel “murah” Samsung A35 ditenagai chipset Exynos 1380, sedangkan Samsung A55 ditenagai chip Exynos 1480. Tentu saja chipset kedua ponsel kelas menengah ini dan Samsung S23 FE bukanlah keduanya. mampu menyaingi performa Samsung S24 yang lebih bertenaga.

Kembali ke bocoran sebelumnya, belum bisa dipastikan apakah fitur Galaxy AI akan dirilis untuk ponsel seri A lainnya atau tidak. Ini termasuk ponsel dengan chipset yang sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top