Moeldoko Minta KSP Kawal Kasus Meninggalnya Wartawan di Karo

JAKARTA, virprom.com – Direktur Jenderal Kantor Kepresidenan (KSP) Moeldoko memerintahkan jajarannya menindaklanjuti peristiwa kebakaran yang menyebabkan meninggalnya seorang jurnalis usai menulis berita tentang perjudian di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, di Rico Perfect Pasarib. diminta.

Hal itu disampaikan Tenaga Ahli Utama KSP, Joannes Yoko, usai audiensi dengan Komite Keselamatan Jurnalis (KKJ) di kantor KSP, Jakarta, Rabu (17/08/2024).

KKJ datang ke KSP untuk mengajukan pengaduan terkait meninggalnya Rico Perfect Pasaribu dan prosedur hukum selanjutnya yang dijalani keluarganya.

Ya, secara spesifik Kepala Staf Umum (Moeldoko) sebenarnya meminta Deputi V mengawasi kejadian ini. Com.

Baca juga: 2 Anak Korban Bakar di Karo, Jurnalis Keluarga Tribrata Laporkan KPAI TV

“Karena apapun yang terjadi, KSP harus menerima segala pendapat, imbauan dan segala sesuatunya,” ujarnya.

Joannes menjelaskan, KKJ diwakili sejumlah pihak dalam sidang Rabu itu.

Mereka antara lain perwakilan Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Amnesty International, dan Komisi Orang Hilang dan Korban Kekerasan (Contras).

Dalam persidangan tersebut, KKJ memaparkan temuan penyelidikan yang dilakukan terhadap kebakaran yang menyebabkan meninggalnya Rico Perfect Pasaribu dan keluarganya.

“Tentu saja apa yang sudah mereka komunikasikan akan kami sampaikan dulu kepada pimpinan, kepada Kepala Staf Umum (Moeldoko), agar kami dapat instruksi lebih lanjut. Tentu saja hal ini memerlukan penyelidikan lebih lanjut. Jadi apa instruksinya, apa instruksinya?” “Kepala staf akan memberitahu Anda nanti,” kata Jones.

Sementara itu, saat ditanya tanggapan KSP atas dugaan keterlibatan personel TNI dalam kematian Rico, Joanes mengaku masih menunggu proses hukum yang berjalan.

Meski demikian, KSP berkomitmen mengedepankan proses hukum yang adil dan transparan.

“Kalau terkait dengan dakwaan, kami tidak punya pilihan selain menunggu prosesnya berlangsung.” Tapi janji KSP, apapun pelanggaran hukumnya, siapapun pelakunya akan dimintai pertanggungjawaban dan harus ditindak sesuai prosedur hukum yang adil dan transparan.”

Baca juga: Kematian Jurnalis di Karo Dilaporkan ke KSP, KKJ Berharap Polisi Tak Masuk Angin

“Itu komitmen KSP, sama dengan komitmen Presiden Jokowi. Itu artinya kami berkomitmen,” kata Joannes.

Ditambahkannya, hasil audiensi dengan KKJ segera dilaporkan kepada Pak Moeldoko. Dia meninggal dalam kebakaran rumah

Diberitakan sebelumnya, Rico Perfect Pasaribu, istri, anak, dan cucunya tewas pada 27 Juni 2024 dalam kebakaran yang terjadi di rumahnya di Kabupaten Kalo, Sumatera Utara.

Rico adalah jurnalis media di Tribrata TV.

Sebelum meninggal, Rico menulis berita yang mengungkap perjudian di Karo, Sumatera Utara.

Personel TNI diduga terlibat dalam kematian Rico. Hal ini berdasarkan informasi bahwa salah satu tempat perjudian yang disebutkan Rico adalah milik personel TNI. Dengarkan berita terkini dan cerita pilihan langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda dan kunjungi saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top