Penting Menyetel Tuas Rem Sepeda Motor Secara Berkala

KLATEN, virprom.com – Sepeda motor dilengkapi dengan rem sebagai alat yang dapat mempercepat, memperlambat, dan berhenti.

Rem tersedia pada semua sepeda motor dengan bantalan dan tromol atau cakram. Perangkat ini terhubung dengan tuas rem yang sering kita lihat di area kendali setir.

Khusus untuk rem tromol, saat digunakan maka permainan tuas rem dari posisi bebas hingga awal pengereman akan berubah dan menjadi lebih dalam.

Baca juga: Kenali Tanda Kampas Rem Sepeda Motor Aus dan Minyak Rem Rendah

Gio, pemilik bengkel Giovani Motor Cawas, Klaten, mengatakan tuas rem belakang sepeda motor perlu disetel jika melebihi batas.

“Setiap sepeda motor menjalani perawatan, mekanik harus memeriksa kelenturan tuas rem belakang, jika terlalu dalam perlu dilakukan penyetelan,” kata Gio kepada virprom.com, Senin (8/5/2024).

Gio mengatakan, standar jarak main rem sepeda motor adalah antara 10 hingga 20 milimeter atau tidak lebih dari 2 sentimeter.

Baca Juga: Tanda Kampas Rem Motor Aus, Segera Ganti

 

“Dengan adanya ground clearance ini, harapannya roda bisa leluasa berputar saat tuas rem tidak ditarik, namun saat perlu dilakukan pengereman, responnya akan lebih singkat,” kata Gio.

Gio juga mengatakan, ada kemungkinan akan dilakukan beberapa koreksi hingga batas yang diperbolehkan sebelum bantalan rem diganti dengan yang baru.

“Kalau terus disesuaikan berarti ketebalan kampas rem berkurang. Perlu juga diperhatikan ada batasannya, yaitu penunjuk tuas rem roda belakang, ”kata Gio.

Baca juga: Diduga Rem Blong, Sepeda Motor Cenglu di Magelang Tabrakan Pagar Pembatas Jembatan, 2 Orang Meninggal

Jika jarumnya langsung mengarah ke pengujian, menurut Gio, screennya harus segera diganti karena sudah maksimal.

“Bantalan rem dirancang khusus agar empuk dan dapat memberikan gaya gesekan untuk memperlambat putaran roda. Kalau area ini aus maka pengereman tidak ideal dan merusak tromol,” kata Gio. Dengarkan berita dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top