Punya Gejala Tak Khas, Kanker Saluran Cerna Sering Diremehkan

virprom.com – Kanker saluran cerna termasuk dalam kelompok penyakit yang menyerang sistem pencernaan mulai dari mulut hingga anus.

Jenis kanker ini antara lain kanker kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, hati, dan pankreas. Masing-masing memiliki ciri gejala yang berbeda tergantung lokasi dan stadiumnya.

“Gejala kanker saluran cerna bisa berbeda-beda tergantung jenis dan lokasi kankernya. – Kanker saluran cerna seringkali dianggap remeh oleh masyarakat awam karena sifatnya yang beragam dan keluhannya yang beragam, karena tidak memiliki gejala yang khas, kata dokter. Randy Adiwinata Sp.PD RS Siloam MRCCC Semanggi Jakarta.

Misalnya, kanker esofagus sering kali muncul dengan gejala seperti kesulitan menelan, sedangkan kanker usus besar dapat menyebabkan perubahan usus, tinja berdarah, diare berkepanjangan, atau sakit perut yang berkepanjangan.

Baca juga: Sering Sakit Maag Bisa Jadi Gejala Kanker Pankreas

“Karena sifatnya yang sangat beragam dan memiliki banyak gejala yang berbeda-beda, rata-rata orang sering menganggap remeh kanker ini karena tidak memiliki gejala yang khas,” kata dr Randy.

Gaya hidup sehat, seperti pola makan seimbang, menghindari rokok dan alkohol serta olahraga teratur, sangat penting untuk mengurangi risiko kanker saluran cerna.

Randy juga merekomendasikan pemeriksaan rutin untuk mendeteksi dini kanker saluran cerna, karena deteksi dini dapat meningkatkan peluang kesembuhan dan harapan hidup pasien.

Pusat layanan penyakit onkologi

Untuk memberikan layanan kanker gastrointestinal yang komprehensif, Rumah Sakit MRCCC Siloam menawarkan Gastrointestinal Cancer Center (GCC).

Dengan pendekatan multidisiplin dan fasilitas canggih, GCC menyediakan lingkungan yang mendukung deteksi dini, intervensi tepat waktu, dan rehabilitasi pasca perawatan.

Baca juga: Sistem pencernaan yang sehat menunjang perkembangan otak anak

Pilihan yang tersedia untuk deteksi dini adalah pemindaian PET, yaitu teknologi pencitraan medis yang digunakan untuk mendeteksi dan mengevaluasi kanker.

Pemindaian PET sering kali digunakan bersamaan dengan pemindaian CT (computed tomography) untuk memberikan informasi tambahan yang lebih rinci tentang struktur anatomi dan fungsi biologis yang terkait dengan kanker.

GCC di MRCCC menawarkan serangkaian pilihan pengobatan untuk pasien kanker gastrointestinal, termasuk pembedahan, kemoterapi, radioterapi, terapi bertarget, dan perawatan suportif.

Hingga tahun 2023, GCC telah melayani lebih dari 4.000 pasien dengan lebih dari 8.000 kunjungan. Dengarkan berita terkini dan penawaran berita kami langsung dari ponsel Anda. Untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com, pilih saluran berita favorit Anda: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top