KPK Selidiki Dugaan Korupsi Anggota BPK dan Komisi XI DPR RI

JAKARTA, virprom.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengumumkan tengah mengusut dugaan korupsi terhadap anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) bermarga AS dan anggota Komisi XI DPR. RI; awal HG.

Komisi XI bertanggung jawab di bidang keuangan, perencanaan pembangunan nasional, dan lembaga keuangan non-bank. Salah satu mitra kerjanya adalah BPK.

Asep Guntur Rahayu, Direktur Penyidikan Dewan Pemberantasan Korupsi, enggan memberikan keterangan lebih lanjut terkait kejadian tersebut. Dia hanya mengatakan perkembangan lebih lanjut dalam kasus ini akan diumumkan.

“Soal peran anggota BPK dalam banyak kasus. Hal ini masih dalam penyelidikan. AS dan HG masih dalam pemeriksaan,” kata Asep saat ditemui awak media di KPC, Jakarta, Kamis (4/7/2024).

Baca Juga: Dugaan Kerugian Negara Kasus LNG Pertamina ke Perusahaan AS, KPK Beberkan Kasus E-KTP

Dalam proses penyidikan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih mencari peristiwa pidana dan barang bukti.

Setelah kasusnya jelas dan terdapat cukup bukti, penemuan akan dilakukan untuk mengadili kasus tersebut dan mengidentifikasi tersangka.

“Pak HG masih dalam pemeriksaan di Komisi XI. Kami akan memberi tahu Anda nanti.”

Baru-baru ini, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyelidiki dugaan korupsi yang dilakukan Jan Piet Moso, Bupati Sorong di Papua Barat Daya yang tidak aktif.

Kasus ini bermula pada tahun 2023 dengan suap BPK (OTT).

Suap diberikan untuk melakukan pengungkapan dalam laporan keuangan Pemerintah Negara Bagian Sorong.

Baca juga: KPK Siap Hadapi Argumentasi Karen Agustiavan yang Pernah Memenangkan Banding Kejaksaan Republik.

Perwakilan BPK Provinsi Papua Barat, Patrice Lumumba, Presiden Sihombing; Presiden BPK Papua Barat Subaud Abu Hanifa; David Patasaung, ketua tim investigasi, juga hadir.

Dalam penyidikan kasus tersebut, KPK memeriksa anggota BPK VI Pius Lustrilang pada 1 Desember 2023.

Meski demikian, KPK menyebut pemeriksaan AS dan HG bukan perpanjangan dari kasus suap BPK di Sorong. Dengarkan berita dan pembaruan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top