Apakah Kelahiran En Caul Aman bagi Bayi? Ini Penjelasannya…

virprom.com – Kelahiran en caul adalah suatu kondisi dimana bayi dilahirkan masih tertutup kantung ketuban.

Menurut Parents, hal seperti itu sangat jarang terjadi, diperkirakan terjadi kurang dari satu dari 80.000 anak, karena kantung ketuban yang berisi cairan seringkali pecah sebelum kelahiran.

Jadi, apakah kolostrum aman? Lanjutkan membaca artikel ini akan mengeksplorasi.

Baca Juga: Apakah Kelahiran Ann Kaul Berbahaya? Begini pemikirannya… Amankah punya anak lagi?

Meski jarang terjadi, persalinan en caul aman untuk bayi baru lahir.

Menurut Parents, hal ini dikarenakan kantung ketuban dan cairan di dalamnya merupakan bagian penting dalam tubuh ibu hamil yang memungkinkan bayi dapat hidup dalam kandungan hingga 9 bulan.

Kantong ini melindungi, mengatur dan mendukung pertumbuhan janin dalam kandungan.

Bayi yang lahir dalam caul akan dapat bernapas di dalam kantung ketuban sampai dokter memotong caul dan mengeluarkan bayi.

Baca Juga: Pengenalan Ann Cowell Tentang Kelahiran, Saat Bayi Lahir di Kantung Ketuban

Jennifer Boyle, MD, dokter spesialis kebidanan dan kandungan Flo, mengatakan persalinan sesar aman bagi bayi dan ibu.

Risiko kelahiran apa pun merupakan penyebab kemungkinan terjadinya masalah kehamilan yang umum, seperti prematuritas atau masalah plasenta.

Dikutip dalam Very Good Health, risiko kelahiran prematur pada bayi prematur sama dengan risiko bayi prematur yang dilahirkan melalui operasi tanpa kantung ketuban.

Komplikasi persalinan sesar dini antara lain masalah pernapasan, keracunan darah, dan pendarahan.

Sebagian proses persalinan dapat menyebabkan anemia pada bayi baru lahir. Misalnya saja jika pembuluh darah yang menyuplai darah ke janin pecah.

Padahal, kantung ketuban yang menutupi bayi saat dilahirkan memiliki banyak manfaat.

Baca Juga: Mendiagnosis Penyakit Paru Kronis pada Bayi Prematur Apa Manfaat N-Cowl Birth?

Dalam beberapa kasus, ada tunjangan kelahiran.

Menurut Excellent Health Review, berikut beberapa manfaat alat kontrasepsi: Dapat memberikan perlindungan bagi bayi yang berisiko tinggi. Kantung ketuban dapat memberikan dukungan bagi pertumbuhan bayi dan melindunginya dari berbagai tekanan selama proses persalinan dan melahirkan. Hal ini juga dapat melindungi janin dari cedera saat kontraksi. Bagi bayi prematur, kelahiran alami dapat melindungi bayi dari stres saat persalinan. Alat kontrasepsi ini dapat melindungi janin dari cedera tulang belakang. Keadaan darurat ini terjadi ketika tali pusat menonjol ke dalam rahim di depan bayi atau di bawah bayi, sehingga menghalangi jalan lahir. Bayi yang lahir dengan kantung ketuban memiliki risiko kepala tertutup lebih kecil jika rahim tidak cukup melebar. Bagian persalinan dapat digunakan untuk melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah. Misalnya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa hal ini biasa terjadi di pusat persalinan dan persalinan di Jepang.

Baca juga: Apa Arti Bayi Prematur?

Resiko melahirkan juga ada, tapi yang penting adalah status kesehatan anak itu sendiri.

Meski persalinan aman bagi bayi dan mempunyai manfaat, namun tidak ada alasan medis yang mengharuskan ibu hamil melahirkan dalam keadaan tersebut.

Boyle mengatakan, terkadang orang menganggap lahir mati sebagai sesuatu yang harus diperjuangkan, karena seringkali dianggap sebagai tanda bahwa kelahiran terjadi secara alami tanpa bantuan medis.

Meski demikian, Boyle menegaskan, pecahnya kantung ketuban saat melahirkan merupakan hal yang wajar dan wajar.

Baca Juga: 4 Masalah Pengobatan Prematuritas Dengarkan berita dan polling kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top