Israel Serang Konvoi Truk di Dekat Perbatasan Suriah-Lebanon

BEIRUT, Kompass.com – Israel menyerang konvoi truk yang memasuki Lebanon dari Suriah pada Jumat malam (2/8/2024).

Seorang sopir truk Suriah terluka dalam serangan itu. Pada Sabtu (3/8/2024), lapor AFP, mengutip sumber di kelompok Hizbullah.

“Tiga serangan Israel menargetkan konvoi truk tanker di sepanjang perbatasan Suriah-Lebanon di daerah Haws-Sayed Ali, melukai pengemudi Suriah,” kata sumber tersebut.

Baca juga: Pemimpin Hizbullah Sebut Konflik dengan Israel Memasuki Fase Baru.

Serangan tersebut merupakan yang terbaru dari serangkaian serangan Israel di kawasan perbatasan.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, yang memantau perang tersebut, juga melaporkan bahwa Israel menyerang wilayah Suriah di dekat perbatasan Lebanon.

Hizbullah yang didukung Iran memiliki kehadiran yang kuat di kedua sisi perbatasan timur Lebanon-Suriah, yang mendukung rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Sejak sekutu Palestina Hamas menginvasi Israel pada Oktober 2023 dan memulai perang di Gaza, Hizbullah hampir setiap hari terlibat baku tembak dengan Israel.

Kelompok tersebut menghentikan serangannya setelah panglima militernya, Foued Shukar, terbunuh di Beirut pada hari Selasa dan Ismail Haniya, pemimpin politik Hamas, di Teheran pada hari Rabu.

Sebuah kelompok Lebanon mengaku bertanggung jawab atas lima serangan terhadap posisi militer di Israel utara pada hari Jumat.

Pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah berbicara di pemakaman Shukar pada hari Jumat, memperingatkan bahwa Israel dan mereka yang berada di baliknya harus menunggu tanggapan Hizbullah yang tak terelakkan terhadap pembunuhan kedua pria tersebut.

Diketahui bahwa setidaknya 542 orang telah terbunuh di pihak Lebanon sejak Oktober, sebagian besar dari mereka adalah pejuang, namun 114 adalah warga sipil.

Baca juga: Lebanon Khawatir Perang Hizbullah-Israel Bisa Berubah Menjadi Perang Besar.

Menurut militer, setidaknya 22 tentara dan 25 warga sipil tewas di pihak Israel, termasuk di Dataran Tinggi Golan yang diduduki. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top