Unggul di Jateng Versi Litbang Kompas, Kaesang: Surveinya Paling Kredibel

JAKARTA, virprom.com – Kaesang Pangarep, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), bersyukur atas hasil survei Litbang Kompas baru-baru ini yang menunjukkan keunggulannya di Pilkada Jawa Tengah Tahun 2024

Kaesang mengatakan Litbang Kompas merupakan survei yang terpercaya.

“Iya perlu kita ketahui kembali bahwa Litbang Kompas merupakan salah satu survei yang menurut saya paling terpercaya di Indonesia saat ini,” kata Kaesang saat ditemui di Kantor DPP PSI Jakarta, Kamis (9/7/2018). .

Baca Juga: Survei Litbang Kompas Pilkada Jateng 2024: Kaesang 7 Persen, Ahmad Luthfi 6,8 Persen, Raffi Ahmad 2,8 Persen

Kaesang mengucapkan terima kasih atas hasil survei tersebut.

Pasalnya, kata dia, ia bisa melihat sejauh mana tingkat elektabilitasnya jika mencalonkan diri di pilkada.

“Sehingga akan menjadi media evaluasi bagi tim kami,” imbuhnya.

Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini mengatakan, survei Litbang Kompas akan dijadikan media penilaian timnya mengingat Jawa Tengah atau Jakarta.

Seperti diketahui, Kaesang diperkirakan akan maju pada Pilkada di Jakarta. Selain di Jawa Tengah, menurut survei Litbang Kompas, kualifikasi Kaesang di Jakarta sangat rendah, yakni hanya 1 persen.

“Setelah itu kami akan melakukan evaluasi antara tim Jakarta dan Jawa Tengah,” ujarnya.

Baca Juga: Kaesang Akui Kemampuannya untuk Terpilih di Jakarta Sangat Rendah.

Apalagi saat ditanya lebih memilih maju ke Jakarta atau Jawa Tengah, Kaesang enggan menjawab.

Dia meminta media bersabar. Sebab, proses pendaftaran calon Kepala Daerah masih pada bulan Agustus.

Menurut laporan sebelumnya Jumlah pemilih Kaesang Pangarep menjelang Pilkada Jawa Tengah 2024 mencapai 7 persen, menurut survei Litbang Kompas.

“Kaesang yang merupakan putra Presiden Joko Widodo mendapat 7 persen pada format respons terbuka (maksimum) atau 19,4 persen pada format respons semi tertutup (prediksi),” demikian hasil riset Litbang Kompas yang dikutip oleh Kompas.id pada hari Kamis.

Baca selengkapnya: Survei Litbang Kompas: Kualifikasi Bambang Pacul di Bawah Kaesang Jelang Pilkada Jateng

Sementara itu Pilkada Polda Jateng Ahmad Luthfi berada di urutan kedua dengan 6,8 persen.

Posisi di bawah Luthfi ditempati oleh mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen (8,9 persen), artis Raffi Ahmad (7,8 persen), Bupati Kendal Dico Ganinduto (7,2 persen), mantan Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo (6,7 persen), dan eks Semarang Walikota Hendrar Prihadi (5,6 persen).

Sementara itu, tokoh lain yang menjadi pertimbangan menjelang Pilkada Jateng antara lain Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa Jateng Gus Yusuf Chudlori (3,3 persen), Ketua DPD PDI Perjuangan Jateng Bambang Wuryanto (3,3 persen). dan Sumber Daya Sudirman Said Tenaga Mineral (2,2 persen)

Survei dilakukan melalui wawancara langsung pada tanggal 20 hingga 25 Juni 2024.

Jumlah responden sebanyak 500 orang yang dipilih secara acak dengan menggunakan metode multilevelsystematic sampling di 35 kabupaten/kota Jawa Tengah.

Tingkat kepercayaan survei ini mencapai 95 persen, dengan kesalahan sekitar 4,4 persen dalam kondisi pengambilan sampel sederhana. Dengarkan berita terbaru dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top