Perhatikan Hal Ini Sebelum Ganti Pelek Mobil

SOLO, virprom.com – Konsumen yang ingin mengganti pelek mobilnya bisa mengunjungi Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 karena selain memamerkan mobil dan sepeda motor, mereka juga menawarkan suku cadang aftermarket.

Namun sebelum mengganti pelek, ada hal yang harus diperhatikan pemilik agar tidak menghadapi bahaya.

Hardi Wibowo, pemilik Aha Motor Yogyakarta, mengatakan saat mengganti pelek mobil perlu memperhatikan perhitungannya.

Baca Juga: BYD semakin serius menyasar pembeli mobil pemula

“Jangan melakukan modifikasi yang hanya mementingkan faktor kebebasan berkreasi, menonjolkan keunikan dan mengabaikan kesesuaian sistem yang ada,” kata Hardi kepada virprom.com baru-baru ini.

Untuk mobil yang dilengkapi sistem pengereman anti-lock (ABS), ukuran roda harus diperhatikan, karena mengganti pelek dan ban dapat mempengaruhi performa.

Patokannya adalah ukuran seluruh roda, yaitu perhitungan diameter pelek dan ketebalan ban sehingga diameter roda satu dan roda lainnya sama, ujarnya.

Baca Juga: GIIAS 2024 Minggu Terakhir, Simak Jadwal Pameran dan Harga Tiketnya

Hadi juga mengatakan, jika diameter roda lebih besar, sistem ABS akan menganggap hal itu sebagai indikasi adanya selip.

“Pada mobil yang dilengkapi ABS, terdapat sensor roda yang dipasang di setiap roda, tugasnya membaca jumlah putaran, sehingga jika ada perbedaan sistem menganggap itu kesalahan data,” kata Hardi.

Agar tidak terjadi masalah pada sistem ABS, maka diameter roda depan dan belakang harus sama agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam perhitungan putaran. Dengarkan berita terhangat dan pilihan berita langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top