Sekian Jumlah PS5 yang Terjual sampai Sekarang, Masih Kalah Jauh dari PS4

virprom.com – Konsol game Sony PlayStation 5 belum mencapai performa penjualan terbaiknya. Pada kuartal pertama tahun fiskal 2024, Sony menjual 2,4 juta konsol PS5. Tahun fiskal Sony dimulai pada April 2024.

Sony mencantumkan angka penjualan PS5 ini dalam laporan keuangannya. Angka penjualannya menurun dibandingkan kuartal sebelumnya yakni periode Januari hingga Maret 2024. Sony menjual 4,5 juta unit PS5 pada periode tersebut.

Dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu (secara tahunan), angka penjualan PS5 juga mengalami penurunan di awal tahun anggaran 2024. Sebab pada kuartal yang sama 2023 penjualannya mencapai 3,3 juta unit.

Sebelumnya, para analis memperkirakan penjualan PS5 akan mencapai 3 juta unit pada awal tahun 2024. Namun, laporan keuangan Sony menunjukkan ekspektasi para analis jauh dari kenyataan.

Kazunori Ito, direktur perusahaan konsultan keuangan Morningstar, memperkirakan bisnis konsol PlayStation tidak sebaik angka yang ditunjukkan perusahaannya. Hal ini karena pendapatan Sony akan terpengaruh oleh melemahnya yen.

Kazunori Ito juga memperkirakan penjualan PS5 akan menurun lebih cepat dari biasanya.

Baca juga: Sony Permudah Gaming Bagi Para Gamer di PS5

Secara total, jumlah konsol PS5 yang terjual sejak awal rilis hingga kuartal pertama tahun fiskal 2024 Sony mencapai 61,7 juta unit.

Angka penjualan tersebut sedikit lebih rendah dibandingkan konsol NES yang terjual 61,91 juta unit. Konsol lawas ini juga masuk dalam daftar konsol terlaris ke-13 yang dihimpun KompasTekno dari TechSpot, Kamis (8/8/2024).

Dibandingkan pendahulunya, performa penjualan PS5 belum melebihi PS4. Namun hal tersebut wajar karena PS4 sudah lebih lama hadir di pasar konsol global dibandingkan PS5.

Konsol PS4 yang dirilis pada tahun 2013 ini telah terjual sebanyak 117,2 juta unit sejak diluncurkan pada November 2013, sehingga membutuhkan waktu yang lama bagi PS5 untuk menyamai atau melampaui penjualan sebelumnya. Apakah PS5 Pro dirilis tahun ini?

Sony juga disebut-sebut akan meluncurkan PS5 Pro dalam waktu dekat. Rumor yang beredar secara online menyebutkan bahwa konsol tersebut akan dirilis pada November-Desember 2024.

Namun tanggal rilisnya masih tentatif dan bisa saja berubah. Pasalnya, sangat sedikit game eksklusif (first party) yang dirilis di PS5 tahun ini.

Bocoran mengenai timeline rilis PS5 Pro berasal dari dokumen yang dibagikan oleh saluran teknologi YouTube bernama Moore’s Law is Dead.

Belakangan, situs berita game Insider Gaming mengonfirmasi kebocoran tersebut dan mengatakan sumbernya berasal dari Portal Pengembang PlayStation. Dokumen tersebut kabarnya telah dikirimkan ke beberapa pengembang PlayStation pihak ketiga pada awal Maret 2024.

Selain membocorkan tanggal rilis PS5 Pro, dokumen tersebut juga membocorkan beberapa spesifikasi PS5 Pro.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top