Kenali Ciri Oli Motor Palsu dan Dampak Penggunaanya

SOLO, virprom.com – Oli mesin berperan penting dalam menjaga performa mesin, karena tidak hanya berfungsi sebagai pelumas pengurang gesekan antar komponen, tetapi juga berguna sebagai cairan pendingin mesin.

Namun tak jarang terlihat oknum bajingan dan oknum yang menggunakan trik ini untuk mengedarkan oli motor palsu.

Padahal, penggunaan oli palsu bisa sangat merugikan, mulai dari penurunan performa kendaraan hingga merusak komponen mesin.

Baca juga: Honda Civic RS manual diluncurkan di Jepang

Edi, Kepala Bengkel Honda AHASS di Kalios, Karanganyar, mengatakan penggunaan oli palsu tidak serta merta berdampak pada mesin.

Edi mengatakan kepada virprom.com, “Penggunaan oli palsu tidak berdampak langsung pada mesin, namun kerusakan mesin akan lebih cepat.”

Edi juga mengatakan, penggunaan oli palsu dapat menyebabkan mesin cepat panas dan membuat mesin menjadi kasar.

Suhu mesin akan cepat panas dan mesin akan berbunyi panas karena kehilangan oli, kata Edi.

Baca juga: Jalan Puncak Ganjil Dikerjakan Akhir Pekan Ini

Lebih lanjut, Edi mencontohkan ciri-ciri oli palsu yang dapat diperhatikan pengendara, antara lain: nomor batch atau rangkaian nomor pada leher botol dan tutup botol tidak tepat, tidak sesuai dan tidak sesuai, tidak sesuai, mudah dibuka. label botol minyak mudah bersalju atau kering Logo hologram tidak terlihat di bawah sinar matahari.

Dengan memperhatikan ciri-ciri tersebut, pengendara bisa lebih berhati-hati agar terhindar dari bahaya oli palsu. Dengarkan berita dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk bergabung dengan saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top