Buah Sawo Dapat Mengobati Penyakit Apa? Berikut 5 Daftarnya…

virprom.com – Buah sawo mengandung serat, vitamin dan mineral yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Lantas, penyakit apa saja yang bisa disembuhkan oleh buah sawo?

Ternyata buah sawo mampu mengurangi gejala atau menyembuhkan beberapa jenis penyakit, seperti diare dan sembelit, gula darah tinggi, dan tekanan darah tinggi.

Sawo umumnya aman dikonsumsi dengan alasan yang masuk akal. Pasalnya, mengonsumsi sawo terlalu banyak justru dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan, seperti menyebabkan sakit perut dan reaksi alergi pada sebagian orang.

Untuk lebih jelasnya, simak beberapa manfaat buah sawo untuk kesehatan di bawah ini.

Baca juga: Buah Apa Saja yang Baik untuk Menurunkan Kolesterol? Berikut 4 daftarnya… Penyakit apa saja yang bisa diobati dengan buah sawo?

Ternyata buah sawo mampu mengurangi gejala atau menyembuhkan beberapa jenis gangguan kesehatan, seperti diare, gula darah tinggi, dan tekanan darah tinggi.

Dikutip dari Healthline dan WebMD, berikut beberapa kondisi kesehatan yang gejalanya bisa diringankan atau disembuhkan dengan mengonsumsi buah sawo. Kegemukan

Buah sawo kaya akan serat pangan, minimal 9 gram, yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Kandungan serat pada buah sawo juga dapat menurunkan nafsu makan sehingga berdampak positif pada penurunan berat badan. Gula darah tinggi

Kandungan serat pada buah sawo terbukti membantu menurunkan kadar gula darah pada orang sehat dan penderita diabetes atau pradiabetes.

Pasalnya, serat pada sawo mampu memperlambat proses pencernaan dan penyerapan glukosa ke dalam darah sehingga berdampak positif pada kadar gula darah dalam tubuh.

Baca Juga: 7 Obat Alami Penurun Gula Darah, Termasuk Buah dan Sayur Tinggi Kolesterol

Beberapa penelitian yang melibatkan penggunaan hewan pengerat sebagai subjeknya telah membuktikan bahwa mengonsumsi sawo dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Pasalnya, sawo memiliki kandungan potasium yang tinggi dan kadar natrium yang rendah sehingga mampu memberikan efek positif dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Tekanan darah tinggi

Buah sawo kaya akan potasium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Kandungan potasium ini mampu melancarkan sirkulasi darah dan mengatur tekanan darah hingga menjaga kesehatan jantung.

Baca juga: Apakah pepaya baik untuk ginjal? Berikut penjelasannya… Diare dan sembelit

Kandungan serat yang tinggi pada buah sawo juga bermanfaat dalam mengobati diare dan sembelit.

Selain itu, buah sawo juga mengandung bahan kimia flavonoid yang dapat melindungi tubuh dari diare dan sakit maag.

Memahami penyakit apa saja yang dapat diobati oleh buah sawo sangatlah penting agar Anda dapat mengkonsumsinya secara rutin.

Buah sawo umumnya aman dikonsumsi dalam jumlah sedang, atau tidak lebih dari satu buah berukuran sedang per hari, agar manfaat sawo dapat diperoleh.

Selain itu, bagi Anda yang memiliki riwayat kesehatan tertentu, seperti diabetes, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter sebelum mengonsumsi sawo setiap hari untuk menjaga kesehatan. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://vvv.vhatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top