Gunung Ibu di Halmahera Kembali Meletus, Lontarkan Abu Vulkanik Setinggi 1 Kilometer

JAKARTA, virprom.com – Gunung Ibu di Halmahera Barat, Maluku Utara kembali erupsi pada Rabu (17 Juli 2024) sore pukul 13.03 WIB.

Berdasarkan informasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) di situs resmi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), ketinggian kolom lahar sekitar 1 kilometer dari puncak gunung.

Ketinggian kolom lava ditemukan sekitar 1.000 meter di atas puncak atau sekitar 2.325 meter di atas permukaan laut, kata PVMBG, Rabu.

Baca Juga: BNPB memasang rambu peringatan banjir lahar di tiga desa terdampak erupsi Gunung Ibu

Berdasarkan pantauan PVMBG, gumpalan abu letusan Gunung Ibu berwarna abu-abu dan intensitasnya tebal serta bertiup ke arah timur laut.

“Saat ini gunung api Ibu berada pada level III atau waspada,” tulis PVMBG.

Masyarakat juga diimbau untuk tidak melakukan aktivitas dalam jarak 2 km dari kawasan vulkanik Ibu. Warga juga diimbau memakai masker dan kacamata pelindung saat keluar gedung.

Baca juga: Gunung Ibu Meletus Lagi, Ini Kisah Letusan Gunung Ibu

Sebelumnya, gunung berapi Ibu mengalami beberapa kali erupsi pada 16.5.2024 dan berada pada tahap IV (waspada). Gumpalan abu teramati saat letusan hingga ketinggian 7.000 meter di atas kawah puncak utama selama kurang lebih 10 menit.

Material abu dan pasir yang dimuntahkan Gunung Ibu saat itu dibawa ke tempat pengamatan gunung berapi dan tempat pengungsian warga Desa Gam Ici. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top