Instagram Rilis Fitur “Add Notes”, Cara Baru Beri Komentar di Feed dan Reels

virprom.com – Instagram terus menghadirkan fitur-fitur baru. Salah satunya adalah fungsi “Tambah Catatan” yang diumumkan oleh pimpinan Instagram Adam Mosseri di akun Instagram resminya (@mosseri) baru-baru ini.

“Sekarang Anda dapat menambahkan catatan ke feed dan reel postingan untuk berinteraksi dengan teman melalui konten yang Anda lihat,” tulis Mosseri dalam unggahannya, Sabtu (20/7/2024).

Seperti namanya, fungsi ini memungkinkan pengguna untuk meninggalkan catatan (notes), atau bisa juga disebut komentar, dalam sebuah gambar (feed) atau video (reels). Oleh karena itu, bisa dibilang fitur ini adalah cara baru untuk mengomentari postingan di feed atau reel Instagram.

Namun komentar atau catatan (notes) tersebut tidak akan muncul di kolom komentar seperti biasanya, melainkan akan muncul di kolom teks yang “ditempel” di atas feed atau reel postingan. 

Catatan atau komentar yang dibuat dengan Add Notes akan muncul tepat di kiri bawah sebuah unggahan.

Baca juga: Cara menambahkan banyak foto ke Instagram Stories untuk konten

Kolom teks juga akan ditampilkan dengan avatar pengguna yang dimuat dalam bentuk gelembung, seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Nantinya, catatan yang dibuat pengguna tersebut bisa dilihat oleh pengikut atau teman dekatnya, asalkan mereka mengikuti akun tersebut atau melihat postingan yang sama.

Oleh karena itu, untuk membuat catatan yang menyertakan postingan feed atau reel, pengguna cukup mengklik ikon “Bandara” yang berada tepat di bawah postingan feed atau reel, dan mengklik menu “Tambahkan Catatan”.

Setelah itu, mereka dapat menulis komentar atau catatan yang ingin mereka tinggalkan pada postingan, dan memilih siapa yang dapat melihat catatan tersebut. 

Pengguna yang melihat komentar yang dibuat menggunakan fitur Tambahkan Catatan dapat mengklik gelembung komentar. Setelah itu, mereka bisa langsung mengirimkan pesan pribadi (Direct Message/DM) kepada pengguna yang bersangkutan. 

Perlu diketahui, catatan atau komentar yang dibuat dengan Tambah Catatan akan hilang atau terhapus secara otomatis dalam waktu tiga hari. 

Baca juga: Cara Mengirim Komentar GIF di Instagram dengan Animasi Berbeda

Saat membuat catatan, pengguna dapat menambahkan catatan baru sebelum menghapus catatan lama. Namun, catatan lama akan digantikan dengan catatan baru, sehingga hanya satu catatan dari pengguna yang dapat muncul dalam sebuah postingan.

Jumlah catatan yang dapat diunggah dalam pengunggah feed atau reel tidak terbatas. Jadi sebuah postingan dapat diisi dengan catatan berbeda yang dibuat oleh beberapa pengguna.

Pantauan KompasTekno, Selasa (23/7/2024), fungsi Tambah Catatan kini sudah tersedia dan bisa dicoba oleh pengguna di Indonesia.

Bagi yang belum memiliki fitur ini sepertinya harus sedikit bersabar. Pasalnya, fitur baru Instagram biasanya akan dibagikan secara bertahap ke seluruh pengguna dalam beberapa hari ke depan. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top