Jadi Penopang Otomotif, Kemenperin Latih IKM Bengkel Motor di Merauke

JAKARTA, virprom.com – Pelaku industri kecil dan menengah (IKM) di bidang bengkel mobil saat ini semakin tumbuh dan berkembang seiring dengan semakin meningkatnya kebutuhan akan kendaraan roda dua yang menjadi moda transportasi favorit masyarakat.

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI menggelar workshop peralatan transportasi di Merauke, Papua bagian selatan, untuk mendorong pengembangan kemampuan teknis dan manajemen sumber daya manusia (SDM).

Reni Yanita, Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Campuran (ICMA) Kementerian Perindustrian menjelaskan, ada 20 IKM bengkel roda dua dan 20 IKM kapal mesin yang mengikuti workshop ini.

Baca juga: Jangan Salah Beli Minyak Rem, Perlu Diketahui Data Teknisnya

“Bengkel SMI roda dua berperan penting dalam memberikan pelayanan perawatan dan perbaikan sepeda motor, terutama di wilayah yang belum tersedia bengkel resmi pabrikan,” ujarnya dalam keterangannya, Selasa (6/8/2024).

Ditjen IKMA juga menjalin kerja sama dengan Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Papua Selatan, serta Kementerian Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Merauke.

Dalam industri transportasi, sepeda motor masih menjadi favorit masyarakat Indonesia, termasuk warga Kabupaten Merauke.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan sepeda motor di dalam negeri akan mencapai 6,23 juta unit pada tahun 2023, meningkat signifikan sebesar 19,44 persen dibandingkan tahun 2022.

AISI menargetkan penjualan 6,2-6,5 juta sepeda motor tahun ini. Target tersebut mencerminkan optimisme terhadap pertumbuhan pasar sepeda motor yang berkelanjutan dan tingginya permintaan di dalam negeri.

Baca juga: Pertamina Sosialisasikan Kode QR untuk Beli Pertalite di Malang

Sementara itu, menurut Rennie, peningkatan permintaan sepeda motor harus dibarengi dengan tumbuhnya UKM reparasi kendaraan roda dua yang berkualitas. Sebab sepeda motor tentunya memerlukan perawatan rutin untuk menjaga performa mesinnya.

“Kami mendorong usaha kecil dan menengah dalam lokakarya tersebut agar dapat memberikan layanan yang berkualitas,” ujarnya.

“Peran UKM di sektor ini tidak hanya mendukung kelancaran sepeda motor, namun berkontribusi terhadap pemerataan akses layanan otomotif di seluruh wilayah,” lanjut Rennie. Pilih saluran berita favorit Anda dan buka saluran berita WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top