Tanggal 17 Juni 2024 Memperingati Hari Apa?

virprom.com – 17 Juni 2024 Senin. Tanggal ini diperingati sebagai Hari Raya Idul Adha.

Ada juga peringatan dan perayaan lainnya pada hari ini. Berikut beberapa pengingat mendatang untuk 17 Juni 2024: Hari Raya Idul Adha 

Idul Adha akan dirayakan pada 17 Juni 2024.

Libur tersebut akan diputuskan melalui rapat Kementerian Agama pada 17 Juni 2024 10 Zul Hijjah.

Idul Adha juga dikenal sebagai “hari raya haji” bagi umat Islam yang melaksanakan ibadah haji atau wakaf utama di Arafah.

Hari Raya Idul Adha juga identik dengan Kurban yang merupakan proses penyembelihan hewan seperti sapi, kambing, dan domba.

Penyembelihan sapi mengingatkan umat Islam akan ujian terberat Nabi Ibrahim. Saat itu, ia mendapat perintah dari Allah subhanahu wa ta’ala untuk menyembelih putranya Ismail untuk membuktikan ketakwaannya.

Namun karena ketakwaannya kepada Allah subhanahu wa ta’ala, Ibrahim rela menyembelih putranya dan mengganti anak itu dengan seekor kambing hanya karena Allah subhanahu wa ta’ala.

Secara umum, Hari Raya Idul Adha tidak seramai Hari Raya Idul Fitri. Meski demikian, umat Islam tetap diwajibkan menunaikan salat Idul Adha dan berkurban jika memungkinkan.

Baca juga: 5.300.000 hotel di dekat Stasiun Bogor akan menginap setelah Idul Adha untuk melawan penggurunan dan kekeringan global

Tanggal 17 Juni diperingati sebagai Hari Sertifikasi dan Pemberantasan Kekeringan Sedunia. 

Hari ini adalah hari untuk mengenang perjuangan dunia melawan bencana kekeringan. Kekeringan merupakan fenomena alam, namun bisa saja terjadi. 

Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa menetapkan Hari Internasional untuk Memerangi Desertifikasi dan Kekeringan pada tahun 1994.

Hari ini diciptakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai langkah-langkah untuk memerangi penggurunan, terutama di daerah rawan kekeringan.

Hari ini adalah hari pertama tahun 1995. Menurut National Today, Organisasi Meteorologi Dunia (WMO), kekeringan telah meningkat 29 persen sejak tahun 2000 dibandingkan 20 tahun sebelumnya.

UNICEF memperkirakan bahwa pada tahun 2040, sebagian besar anak akan tinggal di daerah dengan kelangkaan air yang akut.

Adanya hari ini diharapkan dapat memberikan solusi jangka panjang dalam pencegahan kekeringan. Salah satunya adalah gerakan konservasi lahan dengan mengurangi proyek pembangunan dan menanam lebih banyak pohon. Dengarkan berita terkini dan berita yang dipilih dengan cermat langsung ke ponsel Anda. Untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com, silakan pilih saluran default: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top