Pertukaran Tahanan Terbesar Barat-Rusia Sejak Perang Dingin, Siapa Saja yang Dibebaskan?

Jurnalis Wall Street Journal Evan Gershkovich dibebaskan sebagai bagian dari pertukaran tahanan terbesar antara Rusia dan Barat sejak Perang Dingin.

Mantan Marinir AS Paul Whelan, seorang politisi dan aktivis oposisi terkemuka Rusia yang dipenjara karena mengkritik invasi besar-besaran di Ukraina, termasuk di antara 16 orang yang dibebaskan oleh Rusia.

Sementara itu, orang paling menonjol yang kembali ke Rusia adalah Vadim Krasikov, yang menjalani hukuman seumur hidup karena membunuh mantan komandan pemberontak Chechnya di sebuah taman di Berlin.

Baca juga: Percakapan Rahasia Biden dan Panggilan Telepon Penting di Balik Pertukaran Tahanan Rusia Barat

Berikut adalah beberapa angka penting yang diungkapkan Rusia, menurut Al Jazeera. Lilia Chanisheva

Chanisheva, yang pernah memimpin kabinet mendiang pemimpin oposisi Alexei Navalny di republik tengah Bashkortostan, dijatuhi hukuman tujuh setengah tahun penjara pada Juni 2023 atas tuduhan mendirikan organisasi ekstremis. Hukumannya kemudian ditingkatkan menjadi sembilan setengah tahun pada bulan April lalu.

Pria berusia 42 tahun ini bekerja di perusahaan besar seperti Deloitte sebelum bergabung dengan tim Navalny pada tahun 2017 dan merupakan kritikus vokal terhadap korupsi di wilayah tersebut. Ksenia Fadeeva

Fadeeva memimpin organisasi terlarang Navalny di kota Tomsk, Siberia, tempat pemimpin oposisi tersebut diracun pada Agustus 2020, dan dijatuhi hukuman sembilan tahun penjara pada Desember 2023 atas tuduhan ekstremisme.

Pemimpin berusia 32 tahun itu terpilih menjadi anggota legislatif kota Tomsk pada tahun 2020, sebuah langkah yang dipandang sebagai kemenangan dalam perjuangan oposisi Rusia melawan pemerintahan Putin. Baca juga: [POPULER GLOBAL] Rusia Ancam Tembak Jatuh Jet F-16 yang Dikirim ke Ukraina | Ismail Haniye membunuh Evan Gershkovic

Jurnalis Wall Street Journal berusia 32 tahun itu ditangkap pada Maret 2023 di Yekaterinburg, Ural, dan dituduh sebagai orang dalam Badan Intelijen Pusat.

Rusia menuduh Gershkovic memata-matai pabrik tank di Ural untuk digunakan di Ukraina, namun tidak memberikan bukti yang mendukung tuduhan tersebut. The Wall Street Journal membantah tuduhan tersebut. AS mengatakan penangkapan jurnalis tersebut ilegal dan bermotif politik.

Gershkovich divonis bersalah pada 19 Juli dan dijatuhi hukuman 16 tahun penjara setelah persidangan tiga hari tertutup untuk media karena rahasia negara. Vladimir Kara Murza

Kara-Murza, seorang kritikus setia Kremlin, dijatuhi hukuman 25 tahun penjara karena mengecam kampanye Moskow di Ukraina, salah satu hukuman terberat yang pernah dijatuhkan kepada seorang kritikus Putin.

Pria berusia 42 tahun, yang memiliki kewarganegaraan ganda Inggris-Rusia, ditangkap pada April 2022 setelah berbicara di AS dan menuduh Rusia melakukan kejahatan perang terhadap Ukraina.

Pada bulan Mei, dia memenangkan Hadiah Pulitzer untuk kolom yang ditulis dengan risiko pribadi yang besar di sel penjara dan diterbitkan di The Washington Post. Alsou Kurmasheva selamat dari dua upaya peracunan pada tahun 2010

Kurmasheva, seorang jurnalis Rusia-Amerika berusia 47 tahun, dijatuhi hukuman enam tahun enam bulan penjara pada 19 Juli, hari yang sama dengan Gershkovich.

Sebagai editor Radio Free Europe/Radio Liberty yang didanai AS, ia dituduh melanggar undang-undang sensor militer Rusia yang ketat dan ditangkap dalam perjalanan dari rumahnya di Praha ke Rusia untuk mengunjungi ibunya yang sakit. RFE/RL telah mendefinisikan pekerjaan mereka sebagai penghinaan terhadap keadilan. Kevin

Ditangkap pada usia 17 tahun, Lick, yang memiliki kewarganegaraan ganda Rusia-Jerman, menjadi orang termuda yang didakwa melakukan pengkhianatan di Rusia pada tahun 2023 setelah ia dijatuhi hukuman empat tahun penjara karena mengirimkan foto instalasi militer Rusia ke dinas tersebut. German Moyzes dari jendela apartemen

Moyhes, yang memiliki kewarganegaraan ganda Rusia-Jerman, menghadapi tuduhan makar setelah penangkapannya di St. Petersburg pada bulan Mei.

Baca juga: Rusia Apresiasi Upaya Indonesia Selesaikan Krisis Ukraina, Tapi…

Hampir tidak ada rincian kasus yang menjeratnya. Moises, seorang pengacara imigrasi, dikenal sebagai aktivis perkotaan dan juru kampanye bersepeda di St. Petersburg. Dengarkan berita dan pembaruan terkini kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran perpesanan favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top