Bantalan Roda Buruk, Rusia Tak Bisa Pakai 5 dari 18 Pesawat IL-76

MOSKOW, virprom.com – Rusia tidak dapat menggunakan lima dari 18 pesawat Ilyushin-76 atau IL-76 MD-90A miliknya karena kualitas bantalan roda yang buruk.

Laporan tersebut diperoleh oleh agensi media milik pemerintah Rusia, Kommersant, dan publikasi independen Important Stories.

IL-76 adalah pesawat militer yang dirancang untuk mengangkut pasukan dan kargo.

Baca juga: Ilyushin Il-76, Pesawat Kargo Besar Rusia Terbakar di Udara dan Jatuh Saat Misi ke Ukraina

Dikutip Kyiv Independent, Minggu (21/7/2024), Komite Investigasi Rusia membuka penyelidikan kriminal terhadap Pabrik Pengecoran dan Mekanik Balashikhinsky (BLMZ), perusahaan pemasok bantalan roda.

Penyidik ​​menduga BLMZ membeli bearing tersebut dari produsen tak dikenal dengan menggunakan dokumen palsu dan memindahkannya ke perusahaan Aviastar di Rusia untuk memproduksi pesawat IL-76.

Kualitas bantalan yang buruk menyebabkan masalah pada roda pendaratan, mengakibatkan lima pesawat tidak dapat dioperasikan.

Kementerian Pertahanan Rusia memiliki 18 pesawat IL-76 pada akhir tahun 2023, menurut data sumber terbuka yang diperoleh Important Stories.

Baca Juga: Pesawat Rusia IL-76 Jatuh, Dikabarkan Membawa 65 POW Ukraina Rekap Hari ke-700 Serangan Rusia ke Ukraina: Kecelakaan Pesawat IL-76 Dikritik Pemain Tenis Muda

Komite Investigasi mengatakan BLMZ menimbulkan kerugian besar bagi Kementerian Pertahanan Rusia dan badan keamanan negara.

Sanksi terhadap Rusia atas invasinya ke Ukraina berarti negara yang dipimpin Presiden Vladimir Putin tidak dapat mengimpor teknologi dan suku cadang kedirgantaraan.

Akibatnya, industri penerbangan di Rusia berubah drastis dan insiden kecelakaan serta pendaratan darurat pun meningkat.

Pada 12 Maret 2023, sebuah pesawat IL-76 jatuh di Rusia tengah, menewaskan 15 orang di dalamnya.

Baca juga: Pasca Kecelakaan Pesawat IL-76, Zelensky: Rusia Mempermainkan Kehidupan Tawanan Perang Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top