Kualitas Minyak Rem Motor Matik yang Buruk Bisa Picu Rem Blong

KLATEN, virprom.com – Rem blong kerap menimbulkan kecelakaan, termasuk bagi pengendara sepeda motor.

Rem sepeda motor matic yang pada awalnya berfungsi dengan baik, tidak berfungsi dengan baik setelah digunakan.

Gio, pemilik pabrik Giovanni Motor Cavas di Klaten, mengatakan rem air, terutama bagian yang menggunakan cakram, banyak digunakan pada sepeda motor matic.

Baca Juga : Inilah Penyebab Gejala Gradec Pada Sepeda Motor Matik

“Minyak rem harus dikontrol kualitas dan kuantitasnya, jika kurang bisa ditambah lagi, dan jika kotor atau warnanya gelap bisa diganti agar performa rem tidak menurun,” kata Geo. virprom.com, Jumat (21/6/2024).

Gio mengatakan kualitas minyak rem pasti akan menurun, sehingga pabrikan menyarankan untuk menggantinya secara rutin, paling banyak 2 tahun sekali.

Namun, waktu penurunan kualitas bisa terjadi lebih awal, tergantung lingkungan dan penggunaan, minyak rem menyerap kelembapan, dan jika berwarna hitam berarti kadar airnya tinggi, kata Geo.

Baca Juga: Tanda-Tanda Lampu Depan Motor Mobil Perlu Diganti

Selain merusak komponen seperti master dan seal, kualitas minyak rem yang menurun juga kemungkinan besar akan menguap saat digunakan dalam jumlah banyak, kata Gio.

“Komponen rem mudah panas jika digunakan terus-menerus, seperti saat berjalan jauh di jalan menurun, sehingga minyak rem yang buruk bisa mendidih dan menyebabkan rem rusak,” kata Gio.

Geo mengatakan, fenomena tersebut mirip dengan adanya udara buatan pada sistem rem yang memerlukan proses pendarahan. Dengan demikian saluran rem tidak menempel pada pelat terbaiknya.

Baca Juga: Inilah Tanda-tanda Setir Sepeda Motor Matic Masih Layak Digunakan

Jio mengatakan, dengan melakukan pengecekan secara rutin, fungsi rem dan minyak rem bisa terkontrol dan kemungkinan terjadinya kegagalan rem bisa dikurangi.

Oleh karena itu, kegagalan rem sepeda motor matic bisa terjadi karena kelalaian dalam melakukan perawatan rutin, terutama dalam menjaga kualitas minyak rem. Dengarkan berita terkini dan cerita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top