KPK Akan Surati Wamen Baru untuk Setor LHKPN

JAKARTA, virprom.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan akan mengirimkan surat kepada dua wakil menteri (wamen) yang baru dilantik untuk menyetorkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Mereka adalah Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Thomas Djiwandono dan Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Sudaryono yang tidak pernah menduduki jabatan publik sehingga tidak melaporkan LHKPN ke KPK.

“Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam waktu dekat akan mengirimkan saran kepada yang bersangkutan terkait pemberitahuan LHKPN,” kata Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi Tessa Mahardhika Sugiarto, Jumat (19/7/2024). ).

Tessa mengatakan Komisi Pemberantasan Korupsi memberi waktu tiga bulan kepada kedua wakil menteri baru tersebut untuk menyampaikan LHKPN.

Baca Juga: Jelang Jokowi Mundur, Dua Orang Dekat Prabowo Masuk Kabinet

Hal ini diatur dalam Peraturan KPK Nomor 02 Tahun 2020.

“Paling lambat tiga bulan setelah pengangkatan,” kata Tessa.

Presiden Joko Widodo sebelumnya melantik tiga wakil menteri baru pada Kamis (18/7/2024).

Selain Thomas dan Sudaryono, Jokowi juga melantik Wakil Menteri Investasi Yulio Tanjung.

Thomas merupakan Bendahara Umum Partai Gerindra sekaligus keponakan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Baca Juga: Jokowi Pertimbangkan Pembagian Kekuasaan dengan Prabowo dengan 3 Wakil Menteri Baru

Sedangkan Sudaryono merupakan mantan ajudan Prabowo dan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra Jawa Tengah.

Sementara itu, Yuliot merupakan Deputi Bidang Pengembangan Iklim Investasi Kementerian Investasi sebelum diangkat ke jabatan fungsional pada tahun lalu.

Berdasarkan LHKPN terakhir yang dilaporkan ke KPK pada tahun 2023, kekayaan Yuliot sebesar Rp11 miliar. Dengarkan berita dan berita terkini yang kami tawarkan langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top