Apa Itu Data Sistem di iPhone dan Cara Menghapusnya agar Tidak Memenuhi Memori

virprom.com – Beberapa pengguna iPhone mungkin mengalami masalah kehabisan ruang penyimpanan karena memori meluap.

Hal ini memaksa pengguna untuk mencari penyebab memori penuh dan menemukan bahwa data sistem berperan besar dalam memakan ruang penyimpanan. Data sistem ini mencakup berbagai file cache dan data sementara yang dibuat oleh sistem operasi dan aplikasi yang diinstal.

Seiring bertambahnya informasi sistem, perangkat Anda mungkin menjadi lebih lambat dan kehabisan ruang kosong.

Pengguna dapat memeriksa dan mengelola data sistem melalui pengaturan penyimpanan iPhone, tetapi menghapus file cache dan data sementara memerlukan langkah-langkah tertentu.

Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan, termasuk membersihkan cache Safari, mencadangkan dan mengatur ulang perangkat Anda, atau menghapus cadangan lokal aplikasi.

Untuk lebih jelasnya berikut ini data sistem yang ada di iPhone, cara mengecek dan menghapusnya untuk mengosongkan memori iPhone.

Baca Juga: Cara Menyembunyikan Foto Tertentu di Galeri iPhone Apa itu Data Sistem iPhone?

Data sistem merupakan kategori penyimpanan yang berisi berbagai file cache di iPhone. File cache ini biasanya bersifat sementara dan membantu mempercepat proses sistem pada perangkat Anda. Oleh karena itu, membersihkan cache di iPhone biasanya mengurangi ruang yang digunakan oleh data sistem.

Apple tidak mencantumkan secara publik semua data yang disimpan dalam kategori Data Sistem, namun umumnya mencakup data cache dari aplikasi iOS yang diinstal seperti Safari dan file sementara lainnya yang dibuat selama pengoperasian sehari-hari.

Data sistem lainnya mencakup item yang tidak dihapus seperti font, kamus, dan file database Cloudkit, serta cadangan aplikasi non-Apple.

Saat Anda melihat sejumlah ruang tertentu yang digunakan oleh sebuah “aplikasi”, biasanya ini mencakup aplikasi itu sendiri, bukan data lokal. Misalnya, jika Anda menyimpan lagu Spotify untuk didengarkan secara offline, file tersebut diklasifikasikan sebagai data sistem. Cara Memeriksa Penyimpanan Sistem iPhone

Untuk mengetahui berapa banyak ruang penyimpanan iPhone yang digunakan oleh data sistem, buka Pengaturan > Umum di sini. Ketuk “Penyimpanan iPhone”. Informasi tentang penyimpanan iPhone Anda akan muncul. Periksa area abu-abu yang disebut “Sistem Informasi”. Mengapa data sistem di iPhone meningkat?

Penyimpanan data sistem iPhone bertambah karena hampir setiap kali Anda menggunakan suatu aplikasi, file cache baru dibuat dan disimpan sebagai data sistem.

Misalnya, saat Anda mengunjungi situs web di Safari, data dari halaman tersebut secara otomatis disimpan dalam cache dan ditambahkan ke data sistem. Meskipun berguna untuk mempercepat pemuatan situs pada kunjungan berikutnya, ini juga menghabiskan lebih banyak ruang di data sistem iPhone Anda.

Namun, ada beberapa cara untuk menghapus jumlah data sistem yang memenuhi iPhone Anda. Berikut beberapa cara yang bisa Anda coba.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Menghapus File atau Data Sistem Lain di iPhone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top