Jokowi Bakal Pimpin Upacara 17 Agustus di IKN, Ma’ruf Amin di Istana Kepresidenan Jakarta

JAKARTA, virprom.com – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendi mengungkapkan perayaan kemerdekaan Republik Indonesia akan digelar pada 17 Agustus 2024 di ibu kota nusantara (IKN) dan Jakarta.

Ia mengatakan, Presiden Joko Widodo memimpin langsung perayaan di IKN bersama Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Sementara itu, Wakil Presiden Maroof Amin memimpin upacara di Istana Kepresidenan Jakarta, dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka turut hadir.

“Iya (adegannya di dua tempat), ada yang di IKN, ada yang di sini (Istana Jakarta). Pak Wapres ada di sini, lalu di IKN, Insya Allah Pak Presiden langsung,” kata Muhadjir di kompleks Istana Kepresidenan. . Jakarta, Senin (10/6/2024).

Baca Juga: Persiapan perayaan kemerdekaan RI di IKN sudah 90 persen selesai

“Wakil presiden terpilih membawahi wakil presiden, sedangkan presiden terpilih membawahi presiden,” imbuhnya.

Muhadjir mengatakan, karena upacara digelar di dua tempat berbeda, maka pengibaran bendera juga akan dilakukan di kedua tempat tersebut.

“Hiburannya sama, ini hiburan, ada hiburan, itu hybrid. (Mengibarkan bendera merah putih) Ya di sana, ya di sini,” ujarnya.

Muhadjir mengatakan, persiapan upacara terus dilakukan di IKN dan Istana Kepresidenan Jakarta.

Ia menyatakan, akomodasi juga telah disiapkan untuk perayaan di IKN dan infrastruktur akan siap pada bulan Juli.

Baca Juga: Basuki Bantah Pengunduran Diri Kepala Otoritas IKN pada Upacara 17 Agustus

“Insyaallah akomodasinya sudah siap. Karena akhir Juli nanti bandaranya pasti bisa difungsikan. Insya Allah tolnya juga aman. Tapi tunggu sampai akhir Juli nanti,” kata Muhadjir.

Jokowi mengatakan, persiapan upacara 17 Agustus di IKN hampir mencapai tahap akhir.

Jokowi mengatakan sejauh ini belum ada kendala berarti terkait rencana penyelenggaraan upacara di IKN.

Jadi kita cek satu per satu lokasi venue, lalu dicek tata tertib upacaranya, tidak ada masalah. Pembangunan di sini akan selesai pertengahan Juli dan persiapannya akan dimulai pada 17 Agustus, kata Jokowi. Lokasi tempat upacara di IKN pada Rabu (5/6/2024). Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top